• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbatuan Alat Peraga Dakon Bilangan Untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar FPB dan KPK Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 01 Tahun Ajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    ADESILA KURNIYASARI.odt (290.6Kb)
    Date
    2016
    Author
    Adesila Kurniyasari
    Titik Sugiarti
    Mutrofin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan pembelajaran AIR terdiri dari Auditory, Intellectually, dan Repetition. Tahap Auditory yaitu memberikan motivasi dengan cara mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan nyata atau sehari-hari, memberi kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapat sehingga menciptakan suasana belajar yang aktif. Tahap Intellectually yaitu kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam bentuk LKS dan diiringi dengan memberikan bimbingan kepada siswa kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya. Tahap repetition yaitu bersama-sama menyimpulkan hasil dari pembelajaran dan menanyakan tentang materi secara singkat serta memberikan kuis atau latihan soal. Dakon bilangan digunakan untuk memudahkan anak dalam memahami konsep FPB dan KPK. Penggunaan dakon bilangan juga lebih menarik minat siswa untuk belajar, sehingga siswa tidak jenuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan pembelajaran AIR menggunakan alat peraga dakon bilangan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar FPB dan KPK serta untuk mengkaji peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember selama proses pembelajaran menggunakan pembelajaran AIR dengan alat peraga dakon bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Penerapan pembelajaran AIR dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar FPB dan KPK siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dan Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57%, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 89%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran AIR dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan FPB dan KPK..
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74242
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository