Show simple item record

dc.contributor.authorLilik Nur Holifah
dc.date.accessioned2013-12-06T03:36:11Z
dc.date.available2013-12-06T03:36:11Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM090210204166
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5598
dc.description.abstractlmu Pengetahuan Sosial Hasil observasi pendahuluan saat proses pembelajaran IPS di kelas IVSDN Sidomukti 02 menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini terjadi karena guru masih menggunakan metode konvensional dan terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran. Proses pembelajaran tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga kurang memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengkonstruksi pengetahuan secara aktif melalui proses penemuan selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, dilakukan kerjasama dengan guru kelas untuk membuat suatu rencana perbaikan pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga merupakan upaya yang ditempuh untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti 02 kecamatan Mayang kabupaten Jember pada siswa kelas IV sebanyak 27 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil analisis data untuk ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari pelaksanaan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelum tindakan siklus dilakukan. Hal ini terbukti dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh sebelum tindakan siklus, siklus I, dan siklus II secara berturutturut masing-masingadalahsebesar30%,74,07%,dan81,48%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS SDN Sidomukti 02. Disarankan agar metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga dapat digunakan sebagai alternative metode pembelajaran yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran IPS maupun mata pelajaran lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204166;
dc.subjectMATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULARen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBER TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBER TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 Jen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record