PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBER
Abstract
lmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah mata pelajaran yang mengkaji
seperangkat peristiwa, fakta, konsep, generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial
serta berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap, dan
keterampilan siswa tentang masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Mata
pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan
kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki
kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Hal ini menunjukkan bahwa IPS selalu
berubah-ubah atau dinamis, sehingga diperlukan metode atau model pembelajaran
yang variatif dalam menyampaikan materi IPS agar siswa mampu memahami
konsep dalam mempelajari IPS yang senantiasa mengalami perubahan.
Hasil observasi pendahuluan saat proses pembelajaran IPS di kelas IV
SDN Sidomukti 02 menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih
berpusat pada guru. Hal ini terjadi karena guru masih menggunakan metode
konvensional dan terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran. Proses
pembelajaran tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga
kurang memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengkonstruksi
pengetahuan secara aktif melalui proses penemuan selama proses pembelajaran
berlangsung. Oleh karena itu, dilakukan kerjasama dengan guru kelas untuk
membuat suatu rencana perbaikan pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran
guided discovery melalui permainan ular tangga merupakan upaya yang ditempuh
untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti 02
kecamatan Mayang kabupaten Jember pada siswa kelas IV sebanyak 27 orang
ix
siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model skema Hopkins dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase, yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IV SDN Sidomukti 02 mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi
dalam memanfaatkan sumber daya alam.
Hasil analisis data untuk ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari
pelaksanaan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II menunjukkan
kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelum tindakan siklus
dilakukan. Hal ini terbukti dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal
yang diperoleh sebelum tindakan siklus, siklus I, dan siklus II secara berturutturut
masing-masing adalah sebesar 30%, 74,07%, dan 81,48%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular
tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS SDN
Sidomukti 02. Disarankan agar metode pembelajaran guided discovery melalui
permainan ular tangga dapat digunakan sebagai alternative metode pembelajaran
yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran IPS maupun
mata pelajaran lain.