Browsing SRA-Education by Author "Hari Satrijono"
Now showing items 1-20 of 24
-
Campur Kode Bahasa Madura terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas V SDN Cangkring 02 Jember
Herdina Sariningtyas; Hari Satrijono; Khutobah (UNEJ, 2016)Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui wujud dan faktor campur kode. Penduduk Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah untuk berkomunikasi, sehingga menyebabkan terjadinya kontak bahasa. Kedwibahasaan ... -
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kemampuan Menyimak Cerita dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Jember Lor 02 Tahun Pelajaran 2014/2015
Muh Nur Kholil; Hari Satrijono; Sihono (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jember Lor 02. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menyelesaikan tugas akhir, dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kemampuan ... -
Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Jambekumbu 01 Lumajang Tahun Ajaran 2013/2014
Mochamad Yurfan Jauhari, Jauhari; Hari Satrijono; Nanik Yuliati, Yuliati (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jambekumbu 01 Lumajang dengan tujuan secara umum dalam menerapkan metode PQ4R agar dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IVB SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Ella Ni'ma Diana; Hari Satrijono; Suhartiningsih (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan. Berdasarkan tujuan tersebut latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menulis karangan siswa kelas ... -
Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Gebang 04 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Riris Wahyu Ciptaningsari; Hari Satrijono; Nanik Yuliati (UNEJ, 2016)Konstruktivisme merupakan landasn berpikir (filosofi) pendekatan kontekstual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun sendii oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas. Pendekatan ... -
Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Teknik ADIKSIMBA dalam
Novailah Rina Susanti; Suhartiningsih; Hari Satrijono (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan metakognisi siswa berkemampuan pemecahan masalah matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis Polya pada pokok ... -
Penerapan Pendekatan PAIKEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas III SDN Karangrejo 05 Jember
Fanny Martha Apriyanti; Hari Satrijono; Khutobah (UNEJ, 2016)Tujuan perbaikan ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan pendekatan PAIKEM dalam pembelajaran berbicara pada siswa kelas III SDN Karangrejo 05 Jember. Keterampilan berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar masih ... -
Penerapan Teknik Peer Correction Berbantuan Media Gambar
Vera Fitri Apriliyani; Hari Satrijono; Rusdhianti Wuryaningrum (UNEJ, 2014)Peer Correction merupakan teknik yang dilakukan dalam bentuk kelompok atau individu dengan melakukan koreksi bersama teman sebaya yang dibimbing oleh guru. Di dalam penerapan peer correction berbantuan media gambar bertujuan ... -
Penerapan Teknik Peer Correction untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV-A SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
Putri Mahardika Kustantia; Hari Satrijono; Sihono (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV-A melalui penerapan teknik Peer Correction . Hal ini dikarenakan di SDN ... -
Pengaruh Metode Writing in the Here and Now terhadap Keterampilan Melengkapi Puisi Anak Berdasarkan Gambar Pada Siswa Kelas III SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember
Ahmad Sudi Pratikno; Hari Satrijono; Singgih Bektiarso (UNEJ, 2016)Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui suatu perlakuan terhadap suatu variabel terikat. Pembelajaran menulis puisi masih terkendala minat dan kemampuan siswa yang masih rendah, keterampilan mengajar guru ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Sumbersari 01 Jember
Dea Suresna Puspita; Hari Satrijono; Sihono (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan model Snowball Throwing terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain only ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Kemampuan Membaca Menemukan Pikiran Pokok Bacaan Siswa Kelas IV SDN Menampu 03 Jember
Fitri Yuliati Pratiwi; Hari Satrijono; Sihono (UNEJ, 2016)Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau dampak dari suatu perlakuan (treatment) tertentu terhadap perubahan suatu kondisi atau keadaan tertentu. Penerapan model pembelajaran yang ... -
Pengaruh Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Anak Siswa Kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto
Nanis Dwi Utari; Hari Satrijono; Sihono (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto menggunakan kurikulum 2013 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemempuan membaca ... -
Pengaruh Pengggunaan Media Poster terhadap Kemampuan Menullis Puisi pada Siswa Kelas III SDN Ajung 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Holila Thoyiba; Hari Satrijono; Suhartiningsih (UNEJ, 2016)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengaruh positif signifikan pada penggunaan media poster terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas III SDN Ajung 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Bahasa ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN: MATERI AJAR
Pramita Dian Anggraeni; Suhartiningsih; Hari Satrijono (UNEJ, 2015)Perangkat pembelajaran merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia , di samping itu materi ajar dan media pembelajaran sangat diperlukan untuk penunjang pemahaman belajar siswa. Penelitian ... -
Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan
Sinta Wahyuning Tias; Hari Satrijono; Muhtadi Irvan (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan dengan tujuan untuk mendiskripsikan proses penggunaan media video yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng dan untuk meningkatkan kemampuan ... -
Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Tentang Cerita Anak Melalui PenerapanTeknik Scramble Susun Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN Kasiyan Timur 01
Uul Marifatul Amalia; Hari Satrijono; Nanik Yuliati (UNEJ, 2016)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan teknik scramble susun paragraf yang dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 serta ... -
Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V di SDN Jember Lor 05 Tahun Pelajaran 2015/2016
Elok Fitriyah Lukmana; Hari Satrijono; Khutobah (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa kelas V di SDN Jember Lor 05. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang percaya diri dan enggan dalam mengutarakan setiap ide, gagasan dan pendapat yang ... -
Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Kelas V SDN Kebonsari 03 Jember
Farida Roudlotul Jannah; Suhartiningsih; Hari Satrijono (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kurangnya konsentrasi siswa dalam proses ... -
Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Media Boneka Tangan pada Siswa Kelas IIB SDN Patrang 01 Jember
Yunitasari; Hari Satrijono; Khutobah (UNEJ, 2015)Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Salah satu contoh pembelajaran di Sekolah Dasar yang berkaitan dengan keterampilan berbicara adalah menceritakan kembali cerita anak ...