• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Tentang Cerita Anak Melalui PenerapanTeknik Scramble Susun Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN Kasiyan Timur 01

    Thumbnail
    View/Open
    U'UL MA'RIFATUL AMALIA.odt (252.3Kb)
    Date
    2016
    Author
    Uul Marifatul Amalia
    Hari Satrijono
    Nanik Yuliati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan teknik scramble susun paragraf yang dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 serta untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 setelah diterapkan teknik scramble susun paragraf. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 Puger Jember. Rendahnya hasil belajar dikarenakan siswa belum terbiasa belajar dengan dengan teknik pembelajaran scramble serta masih diterapkannya sistem pembelajaran yang berpusat pada guru. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah  bagaimanakah proses penerapan teknik scramble susun paragraf  yang dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 serta bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01setelah diterapkan teknik scramble susun paragraf.. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan. observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 Puger Jember. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil  belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar meningkat dari prasiklus  57 menjadi 70 pada siklus I, sedangkan ke siklus II menjadi 87. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan teknik scramble dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76491
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository