• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan

    Thumbnail
    View/Open
    SINTA WAHYUNING TIAS.pdf (251.9Kb)
    Date
    2015
    Author
    Sinta Wahyuning Tias
    Hari Satrijono
    Muhtadi Irvan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan dengan tujuan untuk mendiskripsikan proses penggunaan media video yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng dan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng pada siswa melalui penggunaan media video. Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan bahwa kemampuan menyimak dongeng siswa masih kurang baik sehingga diperlukan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran ini adalah media video. Penggunaan media video dapat dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa karena dengan video siswa lebih bisa serius dalam menyimak pelajaran (dongeng). Media video berfungsi sebagai alat untuk memudahkan siswa dalam memahami isi dongeng dengan adanya gambar yang mengkonkritkan isi dongeng selain itu video juga akan menjadikan perhatian siswa lebih terfokus sehingga pembelajaran menyimak akan lebih kondusif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 27 siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media video dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan meningkat. Peningkatan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang kemampuan menyimaknya terkualifikasi sangat baik dari 4 siswa (15,4%) meningkat menjadi 8 siswa (29,6%). Siswa yang kemampuan menyimaknya terkualifikasi baik mengalami peningkatan dari 2 siswa (7,7%) menjadi 6 siswa (22,2%). Siswa yang kemampuan menyimaknya terkualifikasi cukup baik mengalami peningkatan dari 1 siswa (3,8%) menjadi 5 siswa (18,5%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media video dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64087
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository