Show simple item record

dc.contributor.authorYE S S I DWI RI AN I
dc.date.accessioned2014-01-23T01:34:38Z
dc.date.available2014-01-23T01:34:38Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080710191074
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21668
dc.description.abstractPajak sebagai sumber utama penerimaan negara perlu terus ditingkatkan sehingga pembangunan nasional dapat dilaksanakan dengan kemampuan sendiri berdasarkan perinsip kemandirian. Peran serta masyarakat wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak berdasarkan ketentuan perpajakan sangat diharapkan. Namun, dalam kenyataannya masih di jumpai adanya tunggakan pajak sebagai akibat tidak dilunasinya utang pajak sebagaimana mestinya. Dengan undangundang penagihan pajak diharapkan dapat memberikan penekanan yang lebih pada keseimbangan antara kepentingan masyarakat Wajib Pajak dan kepentingan Negara. Permasalahan yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu Pertama, Bagaimanakah prosedur penyitaan objek pajak dalam rangka penagihan pajak dengan surat paksa. Kedua, Tindakan apakah yang akan dilakukan apabila utang pajak dan atau biaya penagihan belum dilunasi setelah dilaksanakan penyitaan. Tujuan dari penulisan skripsi ini terdiri dari tujuan umum yakni untuk memenuhi serta melengkapi salah satu persyaratan akademis guna mencapai gelar Sarjana Hukum pada Universitas Jember dan tujuan khusus yakni untuk menganalisis perihal kesesuaian, Mengetahui dan memahami prosedur pelaksanaan penyitaan objek sita wajib pajak yang mempunyai tunggakan pajak dalam rangka penagihan pajak dan mengetahui dan memahami tindakan apa yang akan dilakukan apabila utang pajak dan atau biaya penagihan belum dilunasi setelah dilaksanakan penyitaan. Tipe penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan metode pendekatan undang-undang dan konseptual. Bahan hukum yang digunakan terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Analisis yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif, selanjutnya ditarik kesimpulan dengan menggunakan metode deduktif yang kemudian dianalisa dengan menggunakan metode analisis isi. Apabila hutang pajak yang masih harus dibayar tidak dilunasi dalam jangka waktu 2 (dua) kali 24 (dua puluh empat) jam terhitung sejak tanggal surat paksa diberitahukan kepada penanggung pajak, maka pejabat akan menerbitkan Surat xii P e r i n t a h M e l a k s a n a ka n P e nyi t a a n . Da l a m m e l a ks a n a ka n pe nyi t a a n t e r da pa t pr o s e dur / t a t a c a r a m a l a k s a n a ka n p e ny i t a a n . Da l a m m e l a k s a n a ka n pe nyi t a a n t e r da pa t pr o s e dur pr o s e dur y a n g ha r us d i l a k s a n a ka n da l a m m e l a ks a n a k a n pe nyi t a a n t e r h a da p b a r a n g b a r a n g a t a u o bj e k pe nyi t a a n . A pa bil a ut a n g pa j a k da n a t a u bi a y a pa j a k t i da k d il u n a s i s e t e l a h d il a ks a na ka n pe nyi t a a n , P e j a b a t b e r we n a n g m e l a k s a n a ka n pe nj u a l a n s e c a r a l e l a n g t e r h a da p ba r a n g y a ng d i s i t a m e l a l u i K a n t o r L e l a n g. J a d i s e ka li pu n pe n a n ggu n g pa j a k t e l a h m e l u n a s i h ut a n g pa j a k, t e t a pi b e l u m m e l u n a s i bi a y a pe n a g i ha n pa j a k, pe nj ua l a n s e c a r a l e l a n g t e r h a da p b a r a n g y a ng t e l a h d i s i t a t e t a p da pa t d i l a ks a n a k a n . A pa bil a h a s i l pe nj ua l a n l e l a n g s uda h da pa t m e n u t up u t a n g pa j a k ( d i t a m b a h de n ga n bi a y a pe l a k s a n a a nny a ) s e b e l u m b a r a n g t e r j ua l h a bi s . Da l a m h a l de mi k i a n , m a ka pe nj ua l a n d i he n t i ka n , da n ba r a n g b a r a n g s i s a pe nj ua l a n d i ke m ba li ka n ke pa da wa ji b pa j a k. ( P r i n s i p ny a a da l a h : pe nyi t a a n u n t uk d i l e lan g h a ny a d il a kuka n a t a s b a r a n g b a r a n g s e ka d a r c ukup un t uk m e m ba y a r ut a n g y a n g b e r s a n gkut a n de n ga n de n da da n bi a y a bi a y a ny a ) . S e c a r a t e or i t i s s y a r a t da n pr o s e dur pe nyi t a a n ya n g d i a t ur da l a m U n d a n g un da n g No m o r 19 T a h un 2000 s uda h b a i k da n b a ku, t e t a pi d a l a m pr a kt e kny a b e l u m da pa t m e n g a t a s i da n m e nga n t i s i pa s i m a s a l a h a t a upun ke n da l a ke n d a l a y a n g d i ha da p i J ur us i t a P a j a k da l a m m e l a kuka n t uga s ny a , j a d i pe r l u a da ny a l a n gka h a n t i s i pa t i f un t uk up da t i n g da t a pr o f i ll i ng W a ji b P a j a k ba i k m e n ge n a i a l a m a t r um a h a t a u pe r us a ha a n m a upu n j u ml a h a s s e t ( h a r t a ke ka y a a n ) y a n g d i m il i k i .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080710191074;
dc.subjectOB JE K P AJA Ken_US
dc.titleGuna meningkatkan pelayanan informasi dan perizinan investasi, Badan Koordinasi Penanaman Modal SPIPISE pada hakikatnya adalah sistem elektronik pelayanan perizinan investasi yang terintegrasi antara BKPM dengan daerah, sehingga proses pelayanan perizinan investasi dapat diakses dan terpantau oleh Pemerintah. Pelaksanaan SPIPISE yang penekanannya adalah dalam bentuk pelayanan informasi yang tepat dan akurat, serta percepatan proses perizinan bagi para investor atau pelaku usaha baik domestik maupun asing, tentunya ada beberapa tahapan dan proses yang dilakukan BKPM, seperti menyiapkan regulasi terkait dengan tata cara perizinan penanaman modal, pengawasan pelaksanaan penanaman modal ataupun standar pelayanan minimal, kemudian informasi mengenai seluruh aspek penanaman modal di Indonesia terkait dengan alur proses perizinan, profil potensi investasi di daerah seluruh Indonesia sampai terkait dengan data statistik penanaman modal di Indonesia dan juga mengenai pelimpahan kewenangan bagi PDPPM dan PDKPM seluruh Indonesia untuk dapat melakukan proses perizinan penanaman modal di wilayah masing-masing sesuai dengan batasan kewenangannya. Dalam pengunaan SPIPISE ini diperlukan juga adanya perlindungan hukum yang jelas terhadap investor penanam modal, karena pelayanan yang menggunakan sistem elektronik memiliki resiko tersendiri bagi para investor yang dapat juga menyebabkan kerugian. Baik disebabkan oleh kerusakan sistem, gangguan sistem, atau bahkan hilangnya data yang bisa saja terjadi dalam penggunaan SPIPISE ini. Oleh karenanya penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan tersebut dalam bentuk skripsi dengan judul “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP INVESTOR xii PENGGUNA SISTEM PELAYANAN INFORMASI DAN PERIZINAN INVESTASI SECARA ELEKTRONIK ( PERIZINAN DAN NON – PERIZINAN DI BIDANG PENANAMAN MODAL” Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah bentuk perlindungan hukum terhadap investor pengguna Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Secara Elektronik Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, dengan menggunakan pendekatan undang undang Penggunaan Sistem pelayanan informasi dan perizinan investasi secara elektroniken_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record