Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 12404-12423 of 14248
-
PERBANDINGAN DINAMIKA TRADISI PETIK LAUT KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO DENGAN KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN 1972-2014
(2016-08-09)Keanekaragaman budaya daerah merupakan aset nasional yang tidak ternilai harganya, yang membentuk identitas bangsa Indonesia. Salah satunya adalah ungkapan rasa syukur atas hasil laut yang diperoleh nelayan, yang dipr ... -
PERBANDINGAN EFEKTIFITAS MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION AND INTELLECTUALLY (SAVI) DENGAN METODE EKSPOSITORI DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI SMP NEGERI 1 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2013/2014
(2014-07-18)Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Langkah awal yaitu dilakukan uji homogenitas terhadap keenam kelas berdasarkan hasil ulangan materi sebelumnya dengan menggunakan SPSS 17 for windows. ... -
PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MOVING CLASS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMANEN KELAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH Studi Kasus Pada Siswa Kelas II Di SMP Negeri 1 Panarukan Tahun Ajaran 2005/2006
(2014-01-16)Pembelajaran Sejarah yang bersifat monoton dan membosankan bagi siswa disebabkan oleh salah satu faktor ekstern. Kaitannya dengan penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran Sejarah yang berhubungan dengan kondisis ruang ... -
PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MOVING CLASS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMANEN KELAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH Studi Kasus Pada Siswa Kelas II Di SMP Negeri 1 Panarukan Tahun Ajaran 2005/2006
(2014-01-17)Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diperoleh suatu kesimpulan, sebagai berikut: 1) Penggunaan model pembelajaran Moving Class dalam pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 1 Panarukan terbukti efektif. ... -
PERBANDINGAN EMISI GAS BUANG ANTARA MOTOR BAKAR EMPAT LANGKAH BERBAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE DAN ELPIJI
(2016-02-22)Cadangan BBM (Premium) semakin menipis dan impor minyak bumi untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri menjadi faktor utama penggunaan bahan bakar alternatif. Dengan adanya fenomena ini mendorong manusia untuk ... -
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI DENGAN METODE PENEMUAN POKOK BAHASAN LUAS SELIMUT DAN VOLUME TABUNG, KERUCUT DAN BOLA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 ARJASA TAHUN AJARAN 2006 / 2007
(2016-01-11)Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan dapat mengoptimalkan prestasi belajar siswa. Metode penemuan merupakan salah satu metode ... -
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS DAN DI DALAM KELAS TEMA PAHLAWANKU SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015
(2015-12-07)Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh pemerintah untuk menjawab tantangan internal dan tantangan eksternal era ini. Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik ... -
Perbandingan Hasil Belajar antara Pembelajaran yang Menggunakan Metode Ekspository dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Segitiga dan Segiempat Siswa Kelas VII Semester Genap di SMPN 2 Balung Tahun Ajaran 2009-2010
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2010-10-23)Hasil Belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa factor itu adalah kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai. Pembelajaran di SMP Negeri 2 Balung menggunakan ... -
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN NON AKSELERASI DITINJAU DARI (UJIAN SEMESTER DAN UJIAN NASIONAL) DI SMP NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2007/2008
(2013-12-25)Ujian Semester dan Ujian Nasional adalah salah satu cara untuk melihat keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah, walaupun masih ada ulangan harian sebagai indikator untuk mengukur kemampuan siswa. ... -
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 2 TENGGARANG BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2008/2009
(2013-12-24)Model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan salah satu jenis pembelajaran kooperatif yang memiliki empat komponen yaitu presentasi guru, belajar kelompok, turnamen, dan penghargaan kelompok. Model pembelajaran ... -
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 2 TENGGARANG BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2008/2009
(2013-12-24)Model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan salah satu jenis pembelajaran kooperatif yang memiliki empat komponen yaitu presentasi guru, belajar kelompok, turnamen, dan penghargaan kelompok. Model pembelajaran ... -
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ARITMETIKA SOSIAL ANTARA SISWAYANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GAL’PERIN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN EKSPOSITORI DI KELAS VII SEMESTER GASAL SMP BUSTANUL MAKMUR GENTENG TAHUN AJARAN 2009/2010
(2014-01-28)Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi ini membuat fungsi dan keberadaan matematika memegang peranan yang sangat penting baik aspek terapan maupun penalarannya. Oleh sebab itu, paradigma pendidikan matematika menghendaki ... -
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ARITMETIKA SOSIAL ANTARA SISWAYANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GAL’PERIN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN EKSPOSITORI DI KELAS VII SEMESTER GASAL SMP BUSTANUL MAKMUR GENTENG TAHUN AJARAN 2009/2010
(2014-01-28)Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi ini membuat fungsi dan keberadaan matematika memegang peranan yang sangat penting baik aspek terapan maupun penalarannya. Oleh sebab itu, paradigma pendidikan matematika menghendaki ... -
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN LEARNING CYCLE 5E BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES DI SMA
(2015-06-24)Hasil belajar fisika saat ini mengalami masalah dilihat dari hasil UAN 2012/2013 di Kabupaten Jember. Nilai fisika lebih rendah rendah dibanding pelajaran kimia dan biologi. Penyebabnya kemampuan siswa kurang merata, ... -
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARAN DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL ACCELERATED TEACHING SETTING COOPERATIF LEARNING DAN MODEL ACCELERATED TEACHING TANPA SETTING COOPERATIF LEARNING SUB POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP N 7 JEMBER TAHUN AJARAN 2008/2009
(2014-01-22)Pentingnya peranan matematika dalam kehidupan, menuntut semakin diperlukannya peningkatan pembelajaran matematika salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman matematiks. Model ... -
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRONO TAHUN AJARAN 2013/2014
(2014-07-18)Berdasarkan hasil analisis daftar nilai post test yang telah dilaksanakan pada kelas eksperimen semua siswa kelas 8.1 mempunyai nilai diatas KKM yang mempunyai arti semua siswa kelas eksperimen ini tuntas dengan nilai ... -
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Keuangan Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) Dengan Pembelajaran Ekspositori Kelas XI Jurusan Penjualan SMK Negeri 1 Tanggul Semester Gasal tahun ajaran 2009/2010
(2014-01-23)Di kalangan siswa SMK telah berkembang kesan bahwa pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak digemari siswa karena kurangnya motivasi untuk belajar matematika, sehingga ada anggapan bahwa ... -
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Bangun Datar Dalam Pembelajaran Daring Antara Kelas Yang Menggunakan Whatsapp Media Video YOUTUBE Dengan Kelas Yang Menggunakan Google Meet Media Power Point pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn Sebaung 1 Probolinggo
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-10-07)Pendidikan selama masa pandemi yang dilaksanakan secara online mengharuskan pendidik dapat menggunakan media dan alat belajar yang berbasis online untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Google Meet dengan media ... -
Perbandingan hasil belajar matematika pokok bahasan fungsi antara siswa yang diajar menggunakan media peta konsep dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media peta konsep di Kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2006/2007
(2016-01-11)Belajar bermKN merupakan suatu proses pemahaman siswa tentang keterkaitan hubungan anta konsep matematika yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Salah satu cara untuk menjelaskan hubungan antar konsep-konsep matematika kepada ... -
Perbandingan hasil belajar matematika pokok bahasan fungsi antara siswa yang diajar menggunakan media peta konsep dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media peta konsep di Kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2006/2007
(2016-01-07)Belajar bermakna merupakan suatu proses pemahaman siswa tentang keterkaitan hubungan antar konsep matematika yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Salah satu cara untuk menjelaskan hubungan antar konsep-konsep matematika ...