• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBEREJO 09 KECAMATAN AMBULU JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    Ernawati.pdf (661.2Kb)
    Date
    2016-02-01
    Author
    ERNAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran samapai saat ini peran guru sampai subjek pembelajaran dan hanya sebagai transfer pengetahuan. Guru masih menggunakan model konvensional, guru terlalu mendominasi kelas sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Kebanyakan siswa tidak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dikarenakan kurangnya semangat untuk aktif dalam belajar, menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Penerapan model inkuiri dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, menambah aktivitas siswa serta membantu siswa dalam memahami materi gaya melalui penemuan konsep, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan gaya melalui model inkuiri pada siswa kelas IV SDN Sumberejo 09 Kecamatan Ambulu Jember, (2) Mendiskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran khususnya pembelajaran IPA pokok bahasan gaya pada siswa kelas IV SDN Sumberejo 09 kecamatan Ambulu Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 09 Ambulu Jember pada kelas IV yang terdiri atas 22 siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi empat kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73135
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository