Peningkatan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas V SDN Balung Kidul 02 Jember
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Pada siklus 1 media yang digunakan yaitu kertas origami, dan pada siklus 2 menggunakan media konkret(gula, beras, tepung terigu) dan timbangan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN BalungKidul 02 Jember yang berjumlah 23 siswa dan terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempua. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022.Penggunaan PMR pada siswa SDN Balung Kidul 02 Jember dapat meningkatkanhasil belajarsiswa. Peningkatan dapat dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai rerata hasil belajar siswapada setiap siklusnya. Awalnya, sebelum dilakukan tindakan, siswa kelas VSDN Balung Kidul 02 Jember hanyamemperoleh rata-rata hasil belajar sebesar64,1. Setelah kegiatan siklus 1 rata-rata hasil belajarmeningkat menjadi 69,7. nilai tersebut sebenarnya tidak memenuhi standar ketuntasan minimalyaitu sebesar 70. Sejalan dengan itu, penelitian dilanjutkan dengan siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 2 mengalami kenaikan menjadi 81,1. Nilaipada siklus 2 ini telah memenuhi standar ketuntasan minimal.Peningkatan hasil belajar dipengaruhi oleh faktor bakat, minat, intelegensi, motivasi belajar, serta dibuktikan dengan peningkatan aktivitas guru danhasil belajar siswa. Aktivitas yang dilakukan guru selama aktivitas pembelajaran meliputi kegiatan apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran, mengkondisikan kelas agar tetap kondusif, membimbing siswa ketika bekerja kelompok, menyelesaikan masalah, dan memberikan timbal balik pada siswa selama pembelajaran. Penerapan PMR dengan 5 karakteristik penggunaan konteks, penggunaan model, kontribusi siswa, interaktivitas dan keterkaitan juga dilaksanakan dengan baik.