• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR ENERGI LISTRIK MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUMBERWULUH 02

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (68)b_1.pdf (424.7Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    EKO BUDI PURNAMA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui : (1) metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada energi listrik. (2) pembelajaran dengan metode discovery pada materi IPA tentang energi listrik dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Sumberwuluh 02 kecamatan Candipuro – kabupaten Lumajang yang berjumlah 19 siswa, sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah peningkatan prosentase siswa melalui Hasil belajar siswa pada pokok bahasan energi listrik di kelas VI mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata dari aspek kognitif sebesar 68,95 dan pada siklus II meningkat menjadi 72,89. peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 10,26. Pembelajaran IPA dengan Metode Discovery dapat mencapai ketuntasan sesuai dengan kreteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70 dan dengan tujuan yang ingin dicapai. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 10 siswa dengan ketuntasan klasikal 52,63% berada dalam kategori belum tuntas. Pada siklus II meningkat jumlah siswa yang tuntas 16 siswa dengan ketuntasan klasikal 84,21% termasuk kategori tuntas. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 31,58%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode belajar discovery sangat diperlukan, karena siswa sangat memerlukan pengalaman pembelajaran secara langsung dan menemukan sendiri sesuai dengan percobaan yang dilakukan untuk lebih memahami dan mengingat suatu kegiatan yang berhubungan dengan materi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19951
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15383]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository