Browsing by Author "Dian Kurniati"
Now showing items 1-20 of 28
-
Analisis Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 1
Melsi Melissa; Titik Sugiarti; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Buku teks merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat penting. Buku teks yang berkualitas, jelas akan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Cara mengetahui kualitas buku teks salah satunya dengan melakukan ... -
Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Aspek Logika dan Penalaran pada Siswa Usia 15 Tahun di MTs Negeri Jember 1
Nur Asiyah Jamil; Susanto; Dian Kurniati (UNEJ, 2016)Penelitian ini menganalisa kemampuan logika dan penalaran siswa dengan masing-masing tingkat kemampuan matematika mereka dalam menyelesaikan soal PISA berdasarkan indikator yang telah disusun. Jenis penelitian ini adalah ... -
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Open Ended Berdasarkan Metode Newman Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegipanjang Di SMPN 11 Jember
Sekar Tyas Asih; Sunardi; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah open ended materi persegi dan persegipanjang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode wawancara dan ... -
Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi
Riandani Sarwindah Putri; Susanto; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis Polya pada pokok bahasan garis dan sudut. ... -
Analisis Pengetahuan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII
Norma Indriani M.J; Suharto; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan metakognisi siswa berkemampuan pemecahan masalah matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis Polya pada pokok bahasan ... -
Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Pengajuan Masalah Matematika Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas X-TPI II SMK Negeri 5 Jember
Galuh Dewi Lestari; Toto' Bara S; Dian Kurniati (UNEJ, 2016)Penelitian ini menganalisis proses berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam mengajukan masalah matematika sub pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel dengan menggunakan ... -
Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Tingkat Berpikir Kreatif Menggunakan Penilaian Hasil Belajar Pada Subpokok Bahasan Luas Persegipanjang Kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan
Ainul Yaqin; Susanto; Dian Kurniati (UNEJ, 2016)Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif 4 (sangat kreatif), tingkat 3 (kreatif), tingkat 2 (cukup kreatif), tingkat 1 (kurang kreatif), dan tingkat ... -
Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom
Nancy Yunita Susanti; Dinawati Trapsilasiwi; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Buku teks pelajaran berperan penting dan strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah. Buku teks dilengkapi dengan soal-soal latihan yang belum terklasifikasi tingkat kognitifnya. Penelitian ini ... -
Etnomatematika pada Transaksi Jual Beli yang dilakukan Pedagang Sayur dalam Masyarakat Madura di Paiton Probolinggo
Izzatul Munawwaroh; Sunardi; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika dalam transaksi jual beli yang dilakukan pedagang sayur dalam masyarakat Madura di Paiton Probolinggo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif ... -
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN K SISWA KELAS MENYELESAIKAN BERDASARKAN TEACHERS PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV)
Ulya, Dini Makhillatul (2017-08-18)Komunikasi tulis sangat penting dalam pembelajaran, karena dengan menuliskan penjelasan dalam memecahkan masalah memaksa peserta didik untuk benar-benar memahami masalah yang sedang mereka coba untuk jelaskan. Sub indikator ... -
Implementasi Model Pembelajaran Quantum dengan Aplikasi Software HP Berteknologi J2ME dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik dan Komunikasi Bilingual Siswa Sekolah RSBI
Dafik; Dian Kurniati (FKIP, 2013-09-17)Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi model pembelajaran Quantum dengan aplikasi Software HP berteknologi J2ME dalam meningkatkan kemampuan akademik dan komunikasi bilingual siswa sekolah RSBI. Fokus utama penelitian ... -
Motivasi Guru Untuk Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 7 Bondowoso Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Pada Sub Pokok Bahasan Luas Lingkaran
Yoanda Virnia S; Toto' Bara Setiawan; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Fakta tentang banyak siswa yang memiliki pemikiran bahwa pelajaran matematika itu sulit dapat menjadi salah satu penyebab kurangnya kemandirian belajar siswa. Motivasi dari guru sangat berperan dalam membentuk karakter ... -
PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MENYELESAIKAN SOAL PADA MATA KULIAH ADVANCED REAL ANALYSIS DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER SEMESTER GENAP 2011-2012
Dinawati Trapsilasiwi; Dian Kurniati (2014-03-27)Mata kuliah Advanced Real Analysis merupakan salah satu mata kuliah matematika murni yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di FKIP Universitas Jember. Sebagaian besar mahasiswa selalu ... -
Pembentukan Karakter Konsisten dan Teliti Siswa SMP Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Lesson Study Pada Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX C SMP Negeri 2 Panti Tahun Ajaran 2014/2015
Miftahul Ayu Nurliasih; Suharto; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pembentukan karakter konsisten dan teliti siswa SMP dengan pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis Lesson Study pada materi tabung kelas IX C SMP Negeri 2 Panti. ... -
Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningktakan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas di Kelas VIII SMP Negeri 3 Panji Tahun Ajaran 2013/2014
M. Agung Krisna W.; Hobri; Dian Kurniati (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending ... -
Pengaruh Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap Sikap dan Pengetahuan Siswa Kelas X Pokok Bahasan Statistika
U'ul Ulinuha Rahajeng Widhaning; Susi Setiawani; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap sikap dan pengetahuan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Jember pada bulan April 2015. Sampel ... -
PENGEMBANGAN INDIKATOR 4 C’s YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1
Rahmawati, Siska (2017-11-09)Indikator 4 C’s adalah kerangka pembelajaran dan keterampilan yang diharapkan bisa dimiliki oleh setiap siswa untuk menghadapi tuntutan zaman pada abad 21. Berkaitan dengan standar indikator pembelajaran, kerangka ... -
PENGEMBANGAN KARAKTER TELITI, KONSISTEN DAN KREATIF PADA SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS LESSON STUDY
Sunardi; Dian Kurniati; Suharto (FKIP'13, 2014-06-30)Pendekatan RME mampu mengkonstruk pengetahuan siswa dengan melibatkan mereka secara langsung dalam penemuan konsep, sehingga secara langsung akan terbentuk dan berkembang karakter teliti, konsisten, dan kreatif dalam diri ... -
Pengembangan Paket Tes Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X TKJ SMK Materi Sistem Persamaan Linier
Cici Fitri Lestari; Arika Indah Kristiana; Dian Kurniati (UNEJ, 2016)Penelitian ini mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan paket tes matematika berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X TKJ SMK materi sistem persamaan linier. Penelitian ini merupakan penelitian ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER KREATIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI
Rara Muti'a; Titik Sugiarti; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan memperoleh hasil perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter kreatif dengan pendekatan saintifik sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi ...