• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningktakan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas di Kelas VIII SMP Negeri 3 Panji Tahun Ajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    MIRARI AGUNG KRISNA WARDANA.odt (268.2Kb)
    Date
    2016
    Author
    M. Agung Krisna W.
    Hobri
    Dian Kurniati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending ) dengan teknik Mind Mapping. Model pembelajaran CORE merupakan salah satu model pembelajaran yang berlandaskan konstruktivisme yaitu siswa harus dapat menkonstruksikan pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan lingkungan. Teknik Mind Mapping merupakan teknik mencatat yang dapat mempermudah siswa untuk menyimpan informasi yang diperoleh dalam bentuk catatan yang kreatif dan efektif. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Siklus I dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji mengalami peningkatan. Peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 4,55%. Ketuntasan belajar dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 27,63%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending ) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76138
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository