• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MENYELESAIKAN SOAL PADA MATA KULIAH ADVANCED REAL ANALYSIS DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER SEMESTER GENAP 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dinawati Trapsilasiwi.pdf (64.54Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Dinawati Trapsilasiwi
    Dian Kurniati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata kuliah Advanced Real Analysis merupakan salah satu mata kuliah matematika murni yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di FKIP Universitas Jember. Sebagaian besar mahasiswa selalu berasumsi bahwa mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah yang sulit. Sebagai mata kuliah wajib maka kesan tersebut, secara psikologis, sangat mempengaruhi proses berfikir mahasiswa. Untuk mengatasi hal itu, maka diperlukan suatu usaha pendekatan yang nyata, sehingga membuat mahasiswa senang mengikuti perkuliahan Advanced Real Analysis, sehingga hasil belajar mereka juga meningkat. Quick on the draw adalah suatu pembelajaran yang lebih mengedepankan aktivitas dan kerja sama siswa dalam mencari, menjawab dan melaporkan informasi dari berbagai sumber dalam sebuah suasana permainan yang mengarah pada pacuan kelompok melalui aktivitas kerja tim dan kecepatannya Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dan masing-masing siklus menerapkan pembelajaran Quick on the draw pada saat pemberian tugas. Perkuliahan dilakukan secara team work, sehingga observasi terhadap aktivitas mahasiswa dilakukan secara bersama. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Aktivitas mahasiswa yang diamati adalah: diskusi, kecepatan dalam menyelesaikan soal, ketepatan pembuktian dan menyampaikan ide / pendapat, sedangkan tes hasil belajar diperoleh dari nilai akhir siklus. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut adalah, rata-rata nilai aktivitas mahasiswa sebesar 81,05 dan 83,8, sedangkan rata-rata hasil belajar sebesar 77,38 dan 79,55. Hal tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas mahasiswa sebesar 2,75% dan hasil belajar sebesar 2,175%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quick on the draw mampu kemampuan mahasiswa pada mata kuliah Advanced Real Analysis pada tahun perkuliahan 2011-2012.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56485
    Collections
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan [298]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository