• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER KREATIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI

    Thumbnail
    View/Open
    RARA MUTI'A.pdf (286.4Kb)
    Date
    2015
    Author
    Rara Muti'a
    Titik Sugiarti
    Dian Kurniati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan memperoleh hasil perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter kreatif dengan pendekatan saintifik sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk, dimana proses pengembangannya dideskripsikan seteliti mungkin dan produk akhirnya dievaluasi sebelum akhirnya digunakan dalam pembelajaran. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat, lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, lembar observasi pengembangan karakter kreatif siswa, lembar pengamatan penilaian keterampilan, LKS, dan lembar penilaian diri. Berdasarkan hasil validasi, perangkat pembelajaran memenuhi kategori valid ditunjukkan dengan koefisien validitas RPP, buku siswa, dan LKS berturut-turut sebesar 4,47; 4,59; 4,53 dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid. Nilai aktivitas guru mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua berturut-turut sebesar 2,61; 2,79 dalam kategori baik dan persentase aktivitas siswa 80,21%; 83,33% % dalam kategori kreatif. Pada aspek sikap diperoleh persentase karakter kreatif siswa pada analisis observasi dan penilaian diri sebesar 79,81%. Pada aspek pengetahuan, rata-rata nilai minimum yang diperoleh siswa pada LKS sifat-sifat dan LKS keliling dan luas persegi panjang dan persegi adalah 73 (KKM yang ditetapkan sekolah adalah 72), artinya semua siswa dapat dikatakan lulus KKM yang ditentukan oleh sekolah. Pada aspek keterampilan, persentase yang diperoleh dari hasil observasi sebesar 76,28% dengan kategori terampil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakater kreatif dengan pendekatan saintifik sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63755
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository