• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    RIANDANI SARWINDAH PUTRI.pdf (270.7Kb)
    Date
    2015
    Author
    Riandani Sarwindah Putri
    Susanto
    Dian Kurniati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis Polya pada pokok bahasan garis dan sudut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, wawancara dan think aloud. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Genteng yang memiliki kemampuan berpikir matematika tinggi, sedang dan rendah. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar kerja siswa setelah mengerjakan tes tertulis, hasil think aloud siswa saat mengerjakan, dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa siswa telah dapat melewati indikator-indikator keterampilan metakognitif dengan baik. Berdasarkan kelengkapan dari keterampilan metakognisi siswa menghasilkan tiga poin. Pertama, siswa berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi hampir semua indikator pada keterampilan perencanaan, keterampilan pemantauan dan keterampilan penilaian. Siswa tersebut kurang mampu memenuhi indikator memprediksi waktu yang digunakan dengan baik pada setiap soal. Kedua, siswa berkemampuan matematika sedang mampu memenuhi sebagian indikator pada keterampilan perencanaan, pemantauan dan penialaian. Siswa tersebut kurang mampu menguasai indikator memikirkan penyelesaian dengan cara lain, memprediksi konsep yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, dan melaksanakan dengan cara lain. Dan yang terakhir pada siswa berkemampuan matematika rendah belum dapat memenuhi sebagian besar indikator pada semua keterampilan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63775
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS III SDN TEMPUREJO 06 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MELALUI MEDIA AUDIO BERBANTUAN LKM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS III SDN TEMPUREJO 06 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MELALUI MEDIA AUDIO BERBANTUAN LKM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS III SDN TEMPUREJO 06 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MELALUI MEDIA AUDIO BERBANTUAN LKM 

      Robiatul Adawiyah (2013-09-19)
      Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran menyimak kurang mendapatkan perhatian akibat adanya asumsi bahwa keterampilan menyimak dengan sendirinya akan berkembang dari belajar berbicara saja. Akibatnya ...
    • PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SDN DUKUHDEMPOK 05 DALAM MENULIS CERITA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI 

      Shofia Lailatul Muharromah (2014-01-24)
      Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada para siswa meliputi empat aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat aspek tersebut dalam proposal ini, penulis hanya memfokuskan pada aspek ...
    • Peningkatan Keterampilan Siswa Kelas IV SDN Dukuhdempok 05 Wuluhan dalam menulis cerita melalui Pendekatan Keterampilan Menulis Cerita Berbantuan Media Gambar Seri; Shofia Lailatul Muharromah , 070210204332 

      Shofia Lailatul Muharromah (2014-01-23)
      Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada para siswa meliputi empat aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat aspek tersebut dalam proposal ini, penulis hanya memfokuskan pada ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository