Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 11180-11199 of 15474
-
PENGEMBANGAN MIND MAP PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN
(2017-10-19)Mind Map adalah teknik yang menawarkan hubungan antar konsep dengan kata kunci yang dapat memaksimalkan fungsi otak dan mengklasifikasikan pengetahuan (Weideman and Kritzinger 2003). Mind Map bisa digunakan untuk mengungkapkan ... -
Pengembangan Model Bahan Ajar “Menulis Teks Prosedur Pokok Bahasan Custom Made Women’s Outwear” Untuk Kelas Xi Tata Busana Smk Negeri 1 Tegalsari
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-12-20)Menciptakan suasana pembelajaran yang efektif diperlukan adanya fasilitas belajar yang mendukung motivasi belajar siswa pada materi menulis teks prosedur. Pengembangan model bahan ajar “Menulis Teks Prosedur Pokok Bahasan ... -
Pengembangan Model Bercerita dengan Wayang Beber Tematik dalam Meningkatkan Keterampilan Bicara Anak Usia 4-5 Tahun diTK Kartika IV-8 Secaba Jember Tahun Ajaran 2021/2022
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-15)Rumusan masalah dalam penelitianَّiniَّadalahَّ“Bagaimana pengembangan model bercerita dengan wayang beber tematik dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK KARTIKA IV-8َّ Jember Penelitian ... -
Pengembangan Model Keterampilan Dasar Mengajar Membuka dan Menutup Pembelajaran dalam Mengembangkan Multiple Intelligence pada Anak Usia 5-6 Tahun di Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2020/2021
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-08-13)Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran menuntut adanya kegiatan menarik yang dapat menimbulkan perhatian dan gaya belajar anak di dalam kelas. Keterampilan dasar mengajar yang digunakan oleh guru PAUD pada umumnya ... -
Pengembangan Model Keterampilan Dasar Mengajar Menjelaskan dalam Mengembangangkan Multiple Intelligences pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-28)Basic teaching skills are the skills or abilities of a teacher in explaining concepts related to learning materials, where these basic teaching skills consist of 8 skills. One of the basic skills of teaching to explain ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Brain-Based Learning Berbasis Problem-Based Learning (Bbl-Pbl) Untuk Pembelajaran Biologi DI Sma
(Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020, 2020-01-30)Pembelajaran biologi abad 21 menuntut pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menguasai keterampilan abad 21. Namun, kenyataannya berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, penyebaran angket kepada ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi
(2018-05-22)Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran. Perkembangan model pembelajaran dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Model-model pembelajaran tradisional ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Gelaran Sentra Bermain Berbasis Multiple Intelegences DI Kelas a TK Nur Aisyah, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-01-16)Multiple intelligences adalah kecerdasan jamak yang dimiliki oleh manusia yang meliputi kecerdasan linguistik, logika matematika, visual spasial, musikal, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, naturalis dan spiritual. ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Send A-Problem Berbasis Brain-Based Learning (BBL)Untuk Pembelajaran IPA SMP di Wilayah Agroekosistem
(2019-05-08)Model penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model penelitian pengembangan 4-D dengan tiga tahapan saja yang dilakukan, meliputi tahap Define, Design, dan Develop. Tahap define terdiri atas ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Talking Chips berbasis Brain- Based Learning (BBL) untuk Pembelajaran IPA SMP di Wilayah Agroekosistem
(2019-04-23)Proses pengembangan model pembelajaran kolaboratif Talking Chips berbasis BBL ini menggunakan desain penelitian 4D, namun hanya 3 tahap saja yang digunakan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Mengembangkan Multiple Intelligences Kelompok B DI Paud Terpadu Al-Furqan Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2019/2020
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-01-22)Kecerdasan jamak atau multiple intelligences merupakan suatu kecerdasan yang terdiri dari berbagai macam kecerdasan yang dimiliki oleh setiap orang, di mana kecerdasan tersebut digunakan dalam memecahkan masalah ... -
Pengembangan Model Pembelajaran NODAR (Numbering, Observing, Discussing, Answering, Repetition) Berbasis Pendekatan BBL (Brain-Based Learning) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Retensi dan Hasil Belajar Siswa di Wilayah Pesisir
(2019-06-08)Wilayah Indonesia merupakan wilayah taut yang luas dan memiliki potensi sumber daya pesisir yang besar. Kenyataanya, sebagian besar masyarakat pesisir berpendapatan rendah yang mengakibatkan rendahnya kesejahteraan masyarakat ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Odc (Observing, Doing, and Communicating) Untuk Pembelajaran Ipa Di Smp/Mts
(2019-04-04)Salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi siswa sehingga pembelajaran berhasil baik yaitu dapat dilakukan melalui mengembangkan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dikembangkan didesain mampu meningkatkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran PAIKEM Terintegrasi Lumio by Smart Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Desain Assure
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-06-14)Era 4.0, pendidik harus mampu menciptakan model pembelajaran yang bisa menumbuhkan motivasi belajar peserta didik serta dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Paradigma Merdeka Belajar mendorong pendidik untuk ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDDING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2016-11-16)Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa pengembangan pedoman model pembelajaran PDC yang berisikan deskripsi ketujuh karakteristik model oleh validator ahli dinilai valid. Hasil validasi logis dari 2 dosen ... -
Pengembangan Model Pembelajaran RDSE (Reading, Discussing, Searching, and Experimenting) Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi
(2018-05-28)Indonesia sebagai negara berkembang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan nasional. Tujuan pendidikan Nasional, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sesuai ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN REC (READING, EXERCISE, AND CLARIFICATION) UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP IPA SMP
(2016-11-15)Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran baru yang dapat menfasilitasi peran guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran aktif, sehingga penulis menyusun Pengembangan Model Pembelajaran REC ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN REQUEST (RESUME, QUESTION, INVESTIGATION, SOLUTION, PRESENTATION) UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA
(2016-11-17)Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Salah satu model pembelajaran yang lebih banyak ... -
Pengembangan Model Penataan Perpustakaan Untuk Stimulasi Literasi Dini Anak di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-25)Perpustakaan sekolah harus berfungsi sebagai wadah belajar para siswa bukan hanya penunjang pembelajaran. Oleh karena itu perpustakaan sekolah harus diatur dengan benar agar dapat berperan sesuai dengan fungsinya. Penataan ... -
Pengembangan Model Pengelolaan Lingkungan Berkebun untuk Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun di RA Perwanida 01 Tahun Ajaran 2021/2022
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-27)Lingkungan belajar outdoor memiliki dampak yang sangat besar bagi perkembangan anak dimana anak dapat bermain dilingkungan alam dan beradaptasi langsung dengan keadaan yang nyata. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan ...