PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDDING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Abstract
Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa pengembangan
pedoman model pembelajaran PDC yang berisikan deskripsi ketujuh karakteristik
model oleh validator ahli dinilai valid. Hasil validasi logis dari 2 dosen ahli dan 2
guru profesional, validasi pengguna guru mata pelajaran IPA, dan validasi audience
dari penilaian angket respon siswa oleh 34 siswa kelas VIII D menunjukkan kriteria
valid.Masing-masing sebesar 78,13%untuk validasi logis, 79,17% untuk validasi
pengguna, dan 76,04% untuk validasi audience dinyatakan valid. Untuk efektifitas
model pembelajaran PDC dilihat dari nilai hasil belajar, aktivitas siswa dan retensi
hasil belajar. Nilai siklus 1adalah 0,42 kategori sedang, siklus 2 adalah 0,80 ketegori
tinggi, siklus 3 adalah 0,81 kategori tinggi. Aktivitas siklus 1 adalah 91,67 kategori
sangat aktif, siklus 2 adalah 94,48 kategori sngat aktif, siklus 3 adalah 96,32 kategori
sangat aktif. Retensi siswa siklus 1 adalah 79,17, siklus 2 adalah 94,70, siklus 3
adalah 95,29. Maka model pembelajaran PDC untuk pembelajaran IPA di SMP
sangat efektif.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah: (1) Pengembangan model pembelajaran PDC untuk pembelajaran IPA di
SMP adalah valid yang terdiri dari validitas ahli, validitas pengguna dan validitas; (2)
Pengembangan Model Pembelajaran IPA diSMP sangat valid yang tersiri dari nilai
hasil belajar, aktivitas siswa dan retensi hasil belajar.