Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 11889-11908 of 14476
-
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-A SDN TEGAL GEDE 1 JEMBER MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI DAN PERUBAHANNYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
(2014-10-30)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 01, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. Berdasarkan hasil observasi pada kedua kelas IV, dipilih subjek penelitian siswa kelas IV-A yang berjumlah 32 siswa untuk tahun ajaran 2013/2014 ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWAMELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGMATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH - MASALAH SOSIAL KELAS IVB SDN 7 KAJARHARJO KALIBARU BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2012-2013
(2014-04-21)Pada penelitian ini subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IVb dengan jumlah 20 siswa yang terdiri atas 9 laki – laki dan 11 perempuan di SDN 7 Kajarharjo. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IVA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI SDN GLAGAHWERO 01 PANTI JEMBER
(2014-01-22)Salah satu tujuan pembelajaran PKn adalah untuk menjadikan siswa mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi persoalan hidup maupun isu kewarganegaraan di negaranya. Untuk mencapai tujuan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IVA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI SDN GLAGAHWERO 01 PANTI JEMBER
(2013-12-10)Salah satu tujuan pembelajaran PKn adalah untuk menjadikan siswa mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi persoalan hidup maupun isu kewarganegaraan di negaranya. Untuk mencapai tujuan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) BERBASIS OBSERVASI GEJALA FISIS SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 11 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
(2014-03-27)Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, terjadi peningkatkan kemampuan fisika pada siswa kelas VII-D SMP Negeri 11 Jember dengan kategori N-gain sedang pada pra siklus ke siklus 2 dan sudah mencapai ... -
Peningkatan Kemampuan Kerja Ilmiah Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Model Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Tapen Tahun Ajaran 2011/2012
(2013-12-20)Data hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Tapen masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan didapatkan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A MELALUI METODE DEMONSTRASI KOMBINASI DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELOMPOK BERMAIN NUSA INDAH KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2017-01-24)Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Bermain Nusa Indah Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2015/2016, dengan subyek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 15 anak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ... -
Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Dalam Mengenal Konsep Ukuran Besar dan Kecil Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Benda Nyata Di TK PGRI 03 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017
(2017-01-25)Perkembangan kognitif adalah perkembangan kecerdasan atau berpikir pada pengetahuan anak. Salah satu cara anak agar proses belajar mereka memperoleh kesempatan untuk mempelajari berbagai hal baru. Konsep pemahaman ukuran ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B1 MELALUI PERMAINAN LABIRIN DI TK TERPADU NAILUL MARAM KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
(2017-08-16)Taman Kanak-kanak memberikan pelayanan pendidikan untuk merangsang perkembangan potensi anak secara komprehensif, salah satunya ialah kemampuan kognitif yang mengarah pada berhitung. Berdasarkan hasil observasi, wawancara ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-11-18)Kemampuan Kognitif memegang peran penting bagi individu dalam kehidupan sehari-hari. Namun secara keseluruhan kemampuan kognitif pada kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2017-03-07)Berdasarkan latar belakang yng telah dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan kegiatan bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Ilmu Al- Qur’an ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 MELALUI KEGIATAN MENCAMPUR WARNA DENGAN TELAPAK TANGAN DI TK TERPADU NAILUL MARAM KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
(2017-08-02)Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Terpadu Nailul Maram Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 15 anak (6 laki-laki dan 9 perempuan). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN MENCAMPUR WARNA PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
(2017-11-08)Anak usia dini memiliki 5 aspek perkembangan, salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif yang khusunya dalam pengenalan warna. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TOKOH PAHLAWAN REPUBLIK INDONESIA PADA ANAK KELOMPOK A2 DI TK DHARMA INDRIA II
(2017-10-03)Kemampuan kognitif merupakan kemampuan berfikir anak melalui panca indera untuk memperoleh informasi-informasi, gagasan baru dan ide-ide sebagai pengetahuan anak agar dapat hidup di dalam masyarakat sehingga dapat berfikir ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI STRUKTUR CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS II SLTP N 3 BANGSALSARI JEMBER
(2014-01-22)Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas II SLTP N 3 Bangsalsari Jember dalam pembelajaran memahami struktur cerpen masih belum mencapai ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal. Salah ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI STRUKTUR CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS II SLTP N 3 BANGSALSARI JEMBER
(2014-01-16)Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas II SLTP N 3 Bangsalsari Jember dalam pembelajaran memahami struktur cerpen masih belum mencapai ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal. Salah ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI STRUKTUR CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS II SLTP N 3 BANGSALSARI JEMBER
(2014-01-29)Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas II SLTP N 3 Bangsalsari Jember dalam pembelajaran memahami struktur cerpen masih belum mencapai ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal. Salah ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B3 MELALUI MEDIA PAPER QUILLING DI TK KARTIKA IV/73 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-08-09)Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dengan jumlah anak 19 yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERITA ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2014-01-28)Pembelajaran membaca di SD merupakan hal yang penting dari pembelajaran. Melalui pembelajaran membaca, siswa dapat memperoleh pemahaman dari isi bacaan yang telah dibacanya. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERITA ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2013-12-10)Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SDN Kebonsari 1 Jember mulai tanggal 18 April sampai 2 Mei 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah ...