• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN MENCAMPUR WARNA PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Umi Hasanah 130210205063.pdf sdh.pdf (3.399Mb)
    Date
    2017-11-08
    Author
    Hasanah, Umi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak usia dini memiliki 5 aspek perkembangan, salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif yang khusunya dalam pengenalan warna. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di TK Ilmu Al-qur’an Sempusari Kaliwates Jember diketahui bahwa kemampuan anak kelompok B1 dalam mengenal warna masih rendah. Ketuntasan belajar yang dilakukan pada proses prasiklus adalah sebesar 30,43 % dari 23 anak terdapat 16 anak memiliki kemampuan mengenal warna masih kurang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas kurang efektif guru masih terfokus pada kegiatan tanya jawab dan pemberian tugas yang ada pada lembar kerja anak (LKA) dalam pembelajaran mengenal warna. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode eksperimen mencampur warna dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode eksperimen mencampur warna dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna pada anak kelompok B1 di TK Ilmu Al-qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B1 dalam mengenal warna dengan menerapkan metode eksperimen mencampur warna dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna pada anak kelompok B1 di TK Ilmu Alqur’an Sempusari Kaliwates Jember Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83154
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository