Browsing UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana) by Author "Mahardika, I Ketut"
Now showing items 21-40 of 44
-
MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI LKS BERBASIS OPEN-ENDED QUESTION DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI JEMBER
ASNAWI, Gufron Ridho (2016-11-18)Fisika merupakan mata pelajaran yang tidak hanya berisi teori dan rumus untuk dihafal, tetapi fisika memerlukan pengertian dan pemahaman konsep yang dititik beratkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui suatu ... -
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN KOTA JEMBER
Prawesti, Lina Widhi (2016-08-10)Belajar fisika sama halnya dengan belajar hakikat sains. Dalam proses belajar mengajar khususnya pelajaran fisika diperlukan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Berdasarkan fakta yang ada, model pembelajaran yang biasa ... -
Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) disertai Media Audiovisual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di MAN 1 Jember;
Wahyuni, Ellinda Eka (2015-12-04)Masalah utama dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga diperlukan suatu proses pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan ... -
PAKET SUMBER BELAJAR (PSB) DENGAN ANALISIS FOTO KEJADIAN FISIKA (AFKF) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA
Rahmah, Fika Maulani (2018-03-26)Proses pembelajaran fisika yang baik tidak terlepas dari munculnya aktivitas guru dan aktivitas siswa. Pada proses pembelajaran di sekolah, kegiatan belajar merupakan suatu aktivitas yang paling pokok dalam pembelajaran. ... -
PEMBELAJARAN ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE BERORIENTASI PADA REPRESENTASI GAMBAR DAN MATEMATIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN “DISCOVERY LEARNING” DI SMAN KABUPATEN JEMBER
Nasruroh, Farida (2018-03-15)Salah satu mata pelajaran yang diberikan di sekolah adalah fisika. Fisika merupakan ilmu pengetahuan sains yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, berupa penemuan, penguasaan kumpulan ... -
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Indry Sariningrum, Maghviroh (2016-11-17)Permasalahan pada bidang studi fisika yang sering muncul yakni di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas telah berkembang kesan bahwa mata pelajaran fisika merupakan pelajaran yang sulit untuk dipahami. Hal ini dikarenakan ... -
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH DISERTAI LKS YANG TERINTEGRASI DENGAN MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
DAMAYANTI, Silvia Qaulina (2016-08-10)Berdasarkan hasil wawancara terbatas yang telah dilakukan dengan guru fisika SMA Negeri 4 Jember, hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa masih belum mencapai ... -
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA Fisika di SMP
AGUSTIN, DUDELIANY JUWITA (2016-08-10)Pendidikan adalah salah satu elemen penting dalam memajukan suatu bangsa. Perkembangan dan kemajuan di segala bidang ditentukan oleh keberhasilan pendidikannya. Pendidikan harus dilakukan dengan usaha sadar manusia atas ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMP
AGUSTIN, DUDELIANY JUWITA (2016-01-22)Pendidikan adalah salah satu elemen penting dalam memajukan suatu bangsa. Perkembangan dan kemajuan di segala bidang ditentukan oleh keberhasilan pendidikannya. Pendidikan harus dilakukan dengan usaha sadar manusia atas ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI P3 SMA NEGERI MUMBULSARI JEMBER
Valentina, Anggi Riesta (2018-06-06)Berdasarkan hasil observasi awal pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri Mumbulsari Jember, diperoleh hasil belajar fisika siswa kelas XI P3 yaitu dari 37 siswa terdapat 8,11% siswa yang mencapai ... -
PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 JENGGAWAH
Laili, Yanuari Nur (2015-12-02)Fisika tidak hanya berisi rumus yang perlu dihafal, tetapi perlu adanya konsep yang harus ditanamkan kepada siswa melalui keterlibatannya secara langsung selama proses belajar mengajar di kelas. Fisika merupakan bagian ... -
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DISERTAI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SMPN 11 JEMBER
Rakhmadani, Putri Alifatul (2015-12-03)Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPA di SMPN 11 Jember, menyatakan bahwa kemandirian belajar siswa masih tergolong rendah. Disetiap kelas hanya 5% siswa yang mau berpendapat, 32% siswa yang mau ... -
PENGARUH MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) TERHADAP KEMAMPUAN MULTI-REPRESENTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Pada Materi Suhu dan Kalor) DI SMA JEMBER
Herlina, Anita (2016-08-05)Fisika merupakan penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, prinsip dan suatu proses penemuan yang dapat dilihat dan dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil wawancara beberapa guru fisika SMA di ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL, GAMBAR, MATEMATIS, GRAFIK, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
YUWONO, Galih Rinekso (2016-11-18)Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan terhadap gejala-gejala alam. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan beberapa guru ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER
FATKHUROFI, IMAM (2015-12-11)merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir analisis dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Dalam menciptakan suatu pengajaran yang efektif ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Division)DISERTAI MEDIA LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA
Aryanti, Agusta Ayudya (2017-01-18)Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DISERTAI LKS BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Materi Momentum dan Impuls) SMA DI JEMBER
SHOLIHAH, IMROATUS (2018-03-19)Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching disertai LKS berbasis representasi gambar ... -
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI LKS BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR DAN MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA
Maimunah, Siti (2018-04-16)Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Tempat penelitian ditentukan secara purposive sampling area. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster ... -
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT (STM) UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK (Kajian Pengembangan pada Pokok Bahasan Usaha, Energi, dan Daya di Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton)
Sari, Yessi Aprilia (2017-08-10)Skripsi ini pada dasarnya merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk bahan ajar berupa LKS berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) pada pembelajaran fisika SMK di jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton ... -
Penggunaan LKS model generatif dalam pembelajaran fisika di SLTP: Studi hasil belajar pada siswa kelas IIB cawu 2 di SLTP 3 Jember tahun pelajaran 2000/2001 pokok bahasan bunyi
SUSANTI, Tutuk Anis (2016-01-05)Dalam rangka mengembangkan daya berfikir dan sikap kreatif siswa, guru dituntut untuk memahami dan mampu mengembangkan metode