PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER
Abstract
merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dapat
mengembangkan kemampuan berfikir analisis dalam menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Dalam menciptakan suatu pengajaran yang
efektif pada pembelajaran fisika diperlukan model pembelajaran yang dapat
memproses informasi serta dapat menanamkan sikap aktif dalam menyelesaikan
permasalahan fisika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari tanpa
mengesampingkan hakikat belajar fisika. Model pembelajaran kooperatif tipe script
dengan metode praktikum adalah salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan
hakikat fisika yang didalamnya ada penyimpulan pembentukan konsep secara metode
ilmiah sehingga dapat memberikan penguasaan fisika kepada siswa secara
multirepresentasi yaitu secara representasi verbal, matematik, grafik dan gambar.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi
verbal pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (2)
Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode
praktikum terhadap kemampuan representasi pada mata pelajaran fisika kelas X di
SMA Muhammadiyah 3 Jember. (3) Mengkaji pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi
grafik pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (4)
Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode
praktikum terhadap kemampuan representasi gambar pada mata pelajaran fisika kelas
X di SMA Muhammadiyah 3 Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember kelas X. Sampel penelitian
ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel
penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang
digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan untuk menyelesaikan rumusan masalah menggunakan
Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi verbal,
matematik, grafik dan gambar. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yang
menunjukkan nilai signifikan pada setiap kemampuan representasi yaitu < 0,05 dan
itu artinya adalah ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum
dalam pembelajaran fisiska berbasis multirepresentasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi
verbal fisika siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (2) Ada pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Script dengan metode praktikum terhadap
kemampuan representasi matematik fisika siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3
Jember. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Script dengan metode
praktikum terhadap kemampuan representasi grafik fisika siswa kelas X di SMA
Muhammadiyah 3 Jember. (4) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
Script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi gambar fisika
siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember.