PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Division)DISERTAI MEDIA LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMAN 4 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji
homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode
cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only
control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan
Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16 untuk menjawab rumusan
masalah yang pertama, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua
adalah analisis deskriptif.
Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media LKS berbasis multirepresentasi
diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar
0,001. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (p-value)
dibagi 2 sehingga p-value sebesar 0,0005. Karena Sig. (1-tailed) = 0,0005 lebih kecil
dari α = 0,05, maka Ha diterima, sehingga nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas
eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian terdapat
perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa dengan model Pembelajarn
Kooperatif tipe STAD disertai LKS berbasis Multirepresentasi dengan model
pembelajaran langsung. Rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada kelas
eksperimen adalah 89,53 jika di konsultasikan pada kriteria aktivitas belajar siswa,
aktivitas belajar siswa selama menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe
STAD disertai media LKS berbasis Multirepresentasi tergolong sanggat tinggi.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah (1) Ada pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan
model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division)
disertai model LKS Berbasis Multirepresentasi pada pembelajaran fisika di SMA. (2)
Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD (Student Teams Achievement Division) disertai media LKS berbasis
multirepresentasi adalah kategori baik.