Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sifat Dan Unsur Segitiga, Persegi, Dan Persegi Panjang Pada Siswa Kelas Iiib Sdn Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas IIIB SDN
Karangrejo 02 Jember yang dilakukan pada tanggal 28 September 2018, diperoleh
informasi bahwa guru belum terbiasa dengan adanya perubahan pada kurikulum,
khususnya guru yang baru saja menerapkan kurikulum 2013. Dampak dari hal
tersebut dapat menyebabkan pembelajaran matematika kurang efektif dan
bermakna bagi siswa. Siswa masih cenderung menghafal tanpa memahami lebih
dalam konsep bangun datar berdasarkan sifat dan unsurnya, sehingga ketika
diberikan soal yang berbeda dengan latihan mereka merasa kesulitan. Berdasarkan
analisis data, skor rata-rata hasil belajar siswa kelas IIIB secara klasikal pada
tahap prasiklus termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar
69,5. Pendekatan pembelajaran yang diprediksi dapat meningkatkan hasil belajar
adalah dengan pendekatan saintifik, karena pendekatan saintifik dapat menjadikan
pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan
pendekatan saintifik pokok bahasan sifat dan unsur segitiga, persegi, dan persegi
panjang sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIB SDN
Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019 ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan sifat dan unsur segitiga,
persegi, dan persegi panjang pada siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember
Tahun 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, tes dan
dokumentasi. Sebagai subjek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas IIIB
SDN Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki
dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap
siklus terdiri dari 2 pembelajaran dengan masing-masing alokasi waktu 3x35
menit. Materi yang dibahas pada pembelajaran I yaitu tentang sifat dan unsur
bangun datar segitiga, persegi, dan persegi panjang, sedangkan pada pembelajaran
II dibahas tentang jenis-jenis sudut pada bangun datar. Pada pembelajaran I
metode pembelajarannya dengan discovery learning, sedangkan pada
pembelajaran II menggunakan metode make a match. Media yang digunakan yaitu
audio visual berupa lagu bagian-bagian rumah, media gambar berupa media
grafis, dan papan make a match.
Penerapan pendekatan saintifik pokok bahasan sifat dan unsur segitiga,
persegi, dan persegi panjang dilaksanakan secara berkelompok melalui lima
langkah kegiatan, yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Penerapan pendekatan saintifik
dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara klasikal. Rata-rata hasil belajar
pada prasiklus sebesar 69,5 (cukup baik), pada siklus I sebesar 76,2 (cukup baik),
dan pada siklus II yaitu sebesar 85,3 (baik). Berdasarkan hal tersebut dapat
disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember tahun 2018/2019.
Saran dari penelitian ini adalah agar guru kelas IIIB SDN Karangrejo 02
Jember menerapkan pendekatan saintifik sebagai alternatif rancangan
pembelajaran matematika dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, guru diharapkan
agar lebih memperhatikan perkembangan belajar siswa berdasarkan lima langkah
pendekatan saintifik dengan baik.