• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sifat Dan Unsur Segitiga, Persegi, Dan Persegi Panjang Pada Siswa Kelas Iiib Sdn Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Ilfiana Alfi Majidah-150210204032 Sdh.pdf (5.019Mb)
    Date
    2019-03-11
    Author
    Majidah, Ilfiana Alfi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember yang dilakukan pada tanggal 28 September 2018, diperoleh informasi bahwa guru belum terbiasa dengan adanya perubahan pada kurikulum, khususnya guru yang baru saja menerapkan kurikulum 2013. Dampak dari hal tersebut dapat menyebabkan pembelajaran matematika kurang efektif dan bermakna bagi siswa. Siswa masih cenderung menghafal tanpa memahami lebih dalam konsep bangun datar berdasarkan sifat dan unsurnya, sehingga ketika diberikan soal yang berbeda dengan latihan mereka merasa kesulitan. Berdasarkan analisis data, skor rata-rata hasil belajar siswa kelas IIIB secara klasikal pada tahap prasiklus termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 69,5. Pendekatan pembelajaran yang diprediksi dapat meningkatkan hasil belajar adalah dengan pendekatan saintifik, karena pendekatan saintifik dapat menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik pokok bahasan sifat dan unsur segitiga, persegi, dan persegi panjang sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019 ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan sifat dan unsur segitiga, persegi, dan persegi panjang pada siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sebagai subjek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran dengan masing-masing alokasi waktu 3x35 menit. Materi yang dibahas pada pembelajaran I yaitu tentang sifat dan unsur bangun datar segitiga, persegi, dan persegi panjang, sedangkan pada pembelajaran II dibahas tentang jenis-jenis sudut pada bangun datar. Pada pembelajaran I metode pembelajarannya dengan discovery learning, sedangkan pada pembelajaran II menggunakan metode make a match. Media yang digunakan yaitu audio visual berupa lagu bagian-bagian rumah, media gambar berupa media grafis, dan papan make a match. Penerapan pendekatan saintifik pokok bahasan sifat dan unsur segitiga, persegi, dan persegi panjang dilaksanakan secara berkelompok melalui lima langkah kegiatan, yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara klasikal. Rata-rata hasil belajar pada prasiklus sebesar 69,5 (cukup baik), pada siklus I sebesar 76,2 (cukup baik), dan pada siklus II yaitu sebesar 85,3 (baik). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember tahun 2018/2019. Saran dari penelitian ini adalah agar guru kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember menerapkan pendekatan saintifik sebagai alternatif rancangan pembelajaran matematika dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, guru diharapkan agar lebih memperhatikan perkembangan belajar siswa berdasarkan lima langkah pendekatan saintifik dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99976
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository