Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorMajidah, Ilfiana Alfi
dc.date.accessioned2020-07-24T01:08:29Z
dc.date.available2020-07-24T01:08:29Z
dc.date.issued2019-03-11
dc.identifier.nim150210204032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99976
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember yang dilakukan pada tanggal 28 September 2018, diperoleh informasi bahwa guru belum terbiasa dengan adanya perubahan pada kurikulum, khususnya guru yang baru saja menerapkan kurikulum 2013. Dampak dari hal tersebut dapat menyebabkan pembelajaran matematika kurang efektif dan bermakna bagi siswa. Siswa masih cenderung menghafal tanpa memahami lebih dalam konsep bangun datar berdasarkan sifat dan unsurnya, sehingga ketika diberikan soal yang berbeda dengan latihan mereka merasa kesulitan. Berdasarkan analisis data, skor rata-rata hasil belajar siswa kelas IIIB secara klasikal pada tahap prasiklus termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 69,5. Pendekatan pembelajaran yang diprediksi dapat meningkatkan hasil belajar adalah dengan pendekatan saintifik, karena pendekatan saintifik dapat menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik pokok bahasan sifat dan unsur segitiga, persegi, dan persegi panjang sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019 ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan sifat dan unsur segitiga, persegi, dan persegi panjang pada siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sebagai subjek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran dengan masing-masing alokasi waktu 3x35 menit. Materi yang dibahas pada pembelajaran I yaitu tentang sifat dan unsur bangun datar segitiga, persegi, dan persegi panjang, sedangkan pada pembelajaran II dibahas tentang jenis-jenis sudut pada bangun datar. Pada pembelajaran I metode pembelajarannya dengan discovery learning, sedangkan pada pembelajaran II menggunakan metode make a match. Media yang digunakan yaitu audio visual berupa lagu bagian-bagian rumah, media gambar berupa media grafis, dan papan make a match. Penerapan pendekatan saintifik pokok bahasan sifat dan unsur segitiga, persegi, dan persegi panjang dilaksanakan secara berkelompok melalui lima langkah kegiatan, yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara klasikal. Rata-rata hasil belajar pada prasiklus sebesar 69,5 (cukup baik), pada siklus I sebesar 76,2 (cukup baik), dan pada siklus II yaitu sebesar 85,3 (baik). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember tahun 2018/2019. Saran dari penelitian ini adalah agar guru kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Jember menerapkan pendekatan saintifik sebagai alternatif rancangan pembelajaran matematika dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, guru diharapkan agar lebih memperhatikan perkembangan belajar siswa berdasarkan lima langkah pendekatan saintifik dengan baik.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectPendekatan Saintifiken_US
dc.subjectHasil Belajar Pokoken_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sifat Dan Unsur Segitiga, Persegi, Dan Persegi Panjang Pada Siswa Kelas Iiib Sdn Karangrejo 02 Jember Tahun 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru sekolah Dasar
dc.identifier.kodeprodi0210204


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record