• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Program Siswa Asuh Sebaya pada Tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    F. ISIP_Jurnal_Abul Haris SN_EVALUASI PROGRAM SISWA ASUH SEBAYA.pdf (466.7Kb)
    Date
    2019-04-01
    Author
    Rossalia, Winda
    Sutomo, Sutomo
    Negoro, Abul Haris Suryo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitan ini bertujuan mendeskripsikan hasil evaluasi Program Siswa Asuh Sebaya (SAS) pada tingkat sekolah dasar di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Bnayuwangi. Penelitian ini didasari oleh beberapa permasalahan yaitu kurangnya sosialisasi dan koordinasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi ke seluruh sekolah di Kabupaten Banyuwangi khususnya pada sekolah dasar di Kecamatan Banyuwangi sehingga menyebabkan munculnya diskresi dan kurangnya pemahaman mengenai program SAS oleh kepala sekolah maupun guru yang menyebabkan pengelolaan SAS pada beberapa sekolah berjalan kurang baik. Untuk mendeskripsikan hasil evaluasi program SAS pada tingkat sekolah dasar di Kecamatan Banyuwangi, peneliti mengacu pada konsep evaluasi Dunn dengan menggunakan enam kriteria evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang digunakan berupa data kualitatif dengan jenis data yang terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Derajat kepercayaan diuji menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan model interaktif oleh Miles dan Huberman. Temuan penelitian menunjukkan hasil evaluasi program SAS dapat dilihat dari enam kriteria evaluasi, yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, dan ketepatan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa program Siswa Asuh Sebaya telah berjalan secara efektif yang telah membantu siswa miskin dalam meringankan biaya pendidikan meskipun pada beberapa sekolah terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Namun berdasarkan hasil pengukuran menggunakan evaluasi kriteria Dunn, program tersebut dapat dilanjutkan pelaksanaannya karena mendapat respon yang baik dari siswa, sekolah, maupun orang tua siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97288
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7377]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository