dc.contributor.author | Hartini, Hartini | |
dc.contributor.author | Narulita, Erlia | |
dc.contributor.author | Iqbal, Mochammad | |
dc.date.accessioned | 2019-12-10T06:21:35Z | |
dc.date.available | 2019-12-10T06:21:35Z | |
dc.date.issued | 2019-04-26 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96697 | |
dc.description.abstract | Penggunaan Virtual Laboratory dapat membantu siswa dalam memahami
konsep yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media Virtual Laboratory pada topik kultur jaringan
tumbuhan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D
(define, design, develop, disseminate) dan melibatkan siswa kelas XII
MIA SMA Negeri 3 Jember (N=39) sebagai sampel penelitian. Model
pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Hasil penelitian
menunjukan tingkat kelayakan Virtual Laboratory yang telah
dikembangkan sebesar 84,72% pada aspek materi; 80,73% pada aspek
pengembangan bahan ajar; dan 79,73% pada aspek media. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa media Virtual Laboratory yang
dikembangkan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran serta dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada topik kultur jaringan tumbuhan. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | JIPVA (JURNAL PENDIDIKAN IPA VETERAN), Volume 3 - Nomor 1, 2019 | en_US |
dc.subject | Bioteknologi | en_US |
dc.subject | Kultur jaringan tumbuhan | en_US |
dc.subject | Media pembelajaran | en_US |
dc.subject | Virtual Laboratory | en_US |
dc.title | Pengembangan Virtual Laboratory pada Topik Kultur Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa | en_US |
dc.type | Article | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI0210103#Pendidikan Biologi | |
dc.identifier.nidn | NIDN0005078004 | |
dc.identifier.nidn | NIDN0020018801 | |