• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kualitas Jamur Krispy Berbasis Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: IKM Berkah Cinta Trenggalek)

    Thumbnail
    View/Open
    Ulfa Nur Aida-141710301009.pdf (2.797Mb)
    Date
    2019-05-24
    Author
    AIDA, Ulfa Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jamur Krispy adalah olahan pangan yang dapat dijadikan sebagai hidangan makan ataupun camilan yang terbuat dari bahan dasar jamur tiram yang diolah dengan tepung bumbu dan telur dengan proses penggorengan dan memiliki tekstur yang krispy. Melihat prospek industri berbahan baku jamur tiram yang baik, banyak industri baru yang memilih memproduksi bahan baku ini untuk dijadikan jamur krispy. Salah satu industri tersebut adalah IKM Berkah Cinta Trenggalek. Kondisi ini menyebabkan persaingan usaha yang semakin tinggi. Oleh karena itu, perlu menciptakan kepuasan konsumen dengan cara peningkatan kualitas produk. Pengukuran tingkat kepuasan konsumen digunakan untuk mengetahui tingkat kinerja produk yang telah diraih oleh perusahaan. Apabila kinerja produk masih belum baik, dapat dilakukan perbaikan kualitas. Metode yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen yaitu Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kinerja dari setiap atribut kualitas, dan Matrix Diagram untuk mengetahui hubungan ketarkaitan spesifikasi teknis pembuatan jamur krispy dengan indikator kualitas yang berkinerja rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tingkat kepuasan konsumen terhadap Jamur Krispy dari metode CSI sebesar 79,73%. Hasil analisis menggunakan IPA didapatkan 5 indikator atribut kualitas yang berkinerja rendah dengan harapan konsumen yang tinggi. Sehingga 5 indikator ini perlu dilakukan analisis lebih lanjut menggunakan Matrix Diagram, hasil yang diperoleh didapatkan bahwa rekomendasi kebijakan yang dapat digunakan untuk proses peningkatan kualitas ada 3 yang memiliki nilai diatas 18 yaitu memperbaiki desain produk dengan melakukan perancangan ulang produk, perancangan ulang atau mencari komposisi yang tepat untuk menghasilkan rasa yang enak dan konsisten, serta pengaturan tekanan yang tetap stabil pada saat proses penggorengan, dan mengatur pemakaian minyak goreng.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96297
    Collections
    • UT-Faculty of Agricultural Technology [2737]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository