Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi
Abstract
Guru mempunyai peranan utama dalam dunia pendidikan. Tugas dan peran
guru bukan lagi sebagai pemberi informasi, namun guru juga harus mampu membuat
desain instruksional, menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, bertindak
mengajar atau membelajarkan, mengevaluasi hasil belajar yaitu mengalami proses
belajar
Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran buzz group perlu diiringi
suatu penilaian
mencari solusi suatu masalah, dengan memperhatikan aktivitas belajar siswa, dalam
kegiatan belajar mengajar. Metode Buzz Group dengan Authentic Assessment
diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yang meliputi keaktifan
berdiskusi, dan keaktifan menjawab suatu masalah. Meningkatnya aktivitas belajar
siswa diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah metode pembelajaran Buzz
Group dengan Authentic Assessment terhadap aktivitas belajar biologi siswa kelas X
di SMA Negeri 5 Jember, serta adakah pengaruh penggunaan metode Buzz Group
dengan Authentic Assessment terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA
Negeri 5 Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode Buzz
Group dengan Authentic Assessment terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa
kelas X di SMA Negeri 5 Jember. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini
dilaksanakan menggunakan desain eksperimental semu pretest-posttest pada kelas X
SMA Negeri 5 Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran
aktivitas siswa, hasil belajar biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi dan
wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan
uji-t, dan analisis kovarian (
Analisis terhadap data nilai aktivitas siswa diperoleh besarnya signifikansi
0,000 sehingga berpengaruh signifikan terhadap aktivitas siswa. Dari dua aspek yang
diamati yaitu kerja sama dalam kelompok dan presentasi hasil diskusi dari pertemuan
pertama hingga pertemuan terakhir mengalami kenaikan sebesar 7,02%. Nilai yang
didapat dari rata-rata pertemuan pertama sebesar 75,87%, pertemuan kedua 78,19%
dan pada pertemuan ketiga sebesar 82,89%. Hal ini berarti metode pembelajaran
Buzz Group dengan Authentic Assessment memberikan pengaruh yang signifikan.
Pembelajaran dengan menggunakan metode Buzz Group lebih mengoptimalkan peran
kepada setiap siswa dan melatih siswa untuk berani mengungkapkan pendapat pada
forum diskusi, selain itu dapat membantu siswa dalam mengevaluasi kekurangan diri
yang kemudian dicari solusinya.
Berdasarkan hasil analisis data terhadap hasil belajar yaitu dari nilai pretest dan
posttest siswa dapat diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,000
menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Dari hasil uji LSD menunjukkan beda
rerata nilai kelas eksperimen terhadap kelas kontrol bernilai positif 15,997. Hasil ini
menunjukkan bahwa metode pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment
memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar biologi
siswa kelas X SMA Negeri 5 Jember.
0
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Buzz Group dengan
Authentic Assessment di SMA Negeri 5 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar biologi siswa.