• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi

    Thumbnail
    View/Open
    DWI PUTRI NUSA - 080210193044 (2)_1.pdf (191.1Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    DWI PUTRI NUSA YULIANDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru mempunyai peranan utama dalam dunia pendidikan. Tugas dan peran guru bukan lagi sebagai pemberi informasi, namun guru juga harus mampu membuat desain instruksional, menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, bertindak mengajar atau membelajarkan, mengevaluasi hasil belajar yaitu mengalami proses belajar Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran buzz group perlu diiringi suatu penilaian mencari solusi suatu masalah, dengan memperhatikan aktivitas belajar siswa, dalam kegiatan belajar mengajar. Metode Buzz Group dengan Authentic Assessment diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yang meliputi keaktifan berdiskusi, dan keaktifan menjawab suatu masalah. Meningkatnya aktivitas belajar siswa diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah metode pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment terhadap aktivitas belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember, serta adakah pengaruh penggunaan metode Buzz Group dengan Authentic Assessment terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode Buzz Group dengan Authentic Assessment terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain eksperimental semu pretest-posttest pada kelas X SMA Negeri 5 Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran aktivitas siswa, hasil belajar biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji-t, dan analisis kovarian ( Analisis terhadap data nilai aktivitas siswa diperoleh besarnya signifikansi 0,000 sehingga berpengaruh signifikan terhadap aktivitas siswa. Dari dua aspek yang diamati yaitu kerja sama dalam kelompok dan presentasi hasil diskusi dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir mengalami kenaikan sebesar 7,02%. Nilai yang didapat dari rata-rata pertemuan pertama sebesar 75,87%, pertemuan kedua 78,19% dan pada pertemuan ketiga sebesar 82,89%. Hal ini berarti metode pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment memberikan pengaruh yang signifikan. Pembelajaran dengan menggunakan metode Buzz Group lebih mengoptimalkan peran kepada setiap siswa dan melatih siswa untuk berani mengungkapkan pendapat pada forum diskusi, selain itu dapat membantu siswa dalam mengevaluasi kekurangan diri yang kemudian dicari solusinya. Berdasarkan hasil analisis data terhadap hasil belajar yaitu dari nilai pretest dan posttest siswa dapat diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Dari hasil uji LSD menunjukkan beda rerata nilai kelas eksperimen terhadap kelas kontrol bernilai positif 15,997. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Jember. 0 Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment di SMA Negeri 5 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9580
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository