Show simple item record

dc.contributor.authorDWI PUTRI NUSA YULIANDA
dc.date.accessioned2013-12-17T13:07:06Z
dc.date.available2013-12-17T13:07:06Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210193044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9580
dc.description.abstractGuru mempunyai peranan utama dalam dunia pendidikan. Tugas dan peran guru bukan lagi sebagai pemberi informasi, namun guru juga harus mampu membuat desain instruksional, menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, bertindak mengajar atau membelajarkan, mengevaluasi hasil belajar yaitu mengalami proses belajar Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran buzz group perlu diiringi suatu penilaian mencari solusi suatu masalah, dengan memperhatikan aktivitas belajar siswa, dalam kegiatan belajar mengajar. Metode Buzz Group dengan Authentic Assessment diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yang meliputi keaktifan berdiskusi, dan keaktifan menjawab suatu masalah. Meningkatnya aktivitas belajar siswa diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah metode pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment terhadap aktivitas belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember, serta adakah pengaruh penggunaan metode Buzz Group dengan Authentic Assessment terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode Buzz Group dengan Authentic Assessment terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain eksperimental semu pretest-posttest pada kelas X SMA Negeri 5 Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran aktivitas siswa, hasil belajar biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji-t, dan analisis kovarian ( Analisis terhadap data nilai aktivitas siswa diperoleh besarnya signifikansi 0,000 sehingga berpengaruh signifikan terhadap aktivitas siswa. Dari dua aspek yang diamati yaitu kerja sama dalam kelompok dan presentasi hasil diskusi dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir mengalami kenaikan sebesar 7,02%. Nilai yang didapat dari rata-rata pertemuan pertama sebesar 75,87%, pertemuan kedua 78,19% dan pada pertemuan ketiga sebesar 82,89%. Hal ini berarti metode pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment memberikan pengaruh yang signifikan. Pembelajaran dengan menggunakan metode Buzz Group lebih mengoptimalkan peran kepada setiap siswa dan melatih siswa untuk berani mengungkapkan pendapat pada forum diskusi, selain itu dapat membantu siswa dalam mengevaluasi kekurangan diri yang kemudian dicari solusinya. Berdasarkan hasil analisis data terhadap hasil belajar yaitu dari nilai pretest dan posttest siswa dapat diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Dari hasil uji LSD menunjukkan beda rerata nilai kelas eksperimen terhadap kelas kontrol bernilai positif 15,997. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Jember. 0 Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment di SMA Negeri 5 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193044;
dc.subjectMetode Pembelajaran Buzz Group, Authentic Assessment, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologien_US
dc.titlePengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group dengan Authentic Assessment terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record