PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING (TEQ) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TANGGUL JEMBER
Abstract
Pendidikan sangat penting bagi setiap individu maupun suatu negara, karena
masa depan suatu bangsa berada di tangan para penerus bangsa.Rendahnya mutu dan
relevansi pendidikan dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Diantara faktor terpenting
adalah mutu proses pembelajaran yang belum mampu menciptakan proses
pembelajaran yang berkualitas.Salah satu bagian penting dalam konstruktivisme ialah
konstruksi pertanyaan-pertanyaan. Perumusan pertanyan-pertanyan merupakan salah
satu bagian yang paling penting dan paling efektif dan efisien untuk mencapai
pembelajaran yang konstruktivis, antara lain dengan penerapan model TEQ
(Thinking
Empowerment by Questioning).
Dalam pembelajaran TEQ dikatakan bahwa
pemikiran rasional dapat dikembangkan melalui aktivitas yang tepat semacam
pengajuan pertanyaan. Kelebihan model TEQ dapat digunakan melatih peserta didik
untuk mampu berpikir rasional, menggunakan logika, menganalisis fakta-fakta dan
melahirkan ide-ide baru.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran
Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan
metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir rasional siswa dan untuk
mengetahui pengaruh pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ)
dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar biologi serta untuk mengetahui
efektifitas pembelajaran
Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan
metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional dan hasil belajar biologi
siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan kelas XI
IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data melalui observasi kegiatan mengajar, dokumentasi, pengukuran
kemampuan berpikir rasional, wawancara kepada guru mata pelajaran biologi dan tes
hasil belajar kognitif siswa. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan
teknik analisis Anova untuk uji homogenitas, analisis Anakova untuk data hasil
belajar siswa dan data kemampuan berpikir rasional, rumus efektivitas untuk
mengetahui hubunganpembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ)
dengan metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional dan hasil belajar
biologi siswa.
Pengaruh pembelajaran
Thinking Empowerment by Questioning (TEQ)
dengan metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional siswa dianalisis
menggunakan uji Anakova. Berdasarkan hasil uji Anakova dengan uji LSD
menunjukkan bahwa perbedaan rerata untuk hasil kemampuan berpikir rasional
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan beda rerata (0,664)dan probabilitas
sebesar (0,006). Hal ini berarti terdapat pengaruh antara model pembelajaran
Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadap
hasil kemampuan berpikir rasional siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil uji Anakova dengan taraf signifikansi 5% dapat diketahui
bahwa pembelajaran
Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode
eksperimen terhadaphasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif, hasil capaian
ranah kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Untuk nilai
kognitif eksperimen (61,4): kontrol (50,33).Berdasarkan rumus efektivitas
pembelajaran
Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode
eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional sebesar (2,71%) dan hasil belajar
sebesar (3,1%) pada ranah kognitif.