Show simple item record

dc.contributor.authorARIEK WULANDARI
dc.date.accessioned2013-12-17T12:30:18Z
dc.date.available2013-12-17T12:30:18Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210193050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9567
dc.description.abstractPendidikan sangat penting bagi setiap individu maupun suatu negara, karena masa depan suatu bangsa berada di tangan para penerus bangsa.Rendahnya mutu dan relevansi pendidikan dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Diantara faktor terpenting adalah mutu proses pembelajaran yang belum mampu menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas.Salah satu bagian penting dalam konstruktivisme ialah konstruksi pertanyaan-pertanyaan. Perumusan pertanyan-pertanyan merupakan salah satu bagian yang paling penting dan paling efektif dan efisien untuk mencapai pembelajaran yang konstruktivis, antara lain dengan penerapan model TEQ (Thinking Empowerment by Questioning). Dalam pembelajaran TEQ dikatakan bahwa pemikiran rasional dapat dikembangkan melalui aktivitas yang tepat semacam pengajuan pertanyaan. Kelebihan model TEQ dapat digunakan melatih peserta didik untuk mampu berpikir rasional, menggunakan logika, menganalisis fakta-fakta dan melahirkan ide-ide baru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir rasional siswa dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar biologi serta untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional dan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi kegiatan mengajar, dokumentasi, pengukuran kemampuan berpikir rasional, wawancara kepada guru mata pelajaran biologi dan tes hasil belajar kognitif siswa. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis Anova untuk uji homogenitas, analisis Anakova untuk data hasil belajar siswa dan data kemampuan berpikir rasional, rumus efektivitas untuk mengetahui hubunganpembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional dan hasil belajar biologi siswa. Pengaruh pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional siswa dianalisis menggunakan uji Anakova. Berdasarkan hasil uji Anakova dengan uji LSD menunjukkan bahwa perbedaan rerata untuk hasil kemampuan berpikir rasional antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan beda rerata (0,664)dan probabilitas sebesar (0,006). Hal ini berarti terdapat pengaruh antara model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadap hasil kemampuan berpikir rasional siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji Anakova dengan taraf signifikansi 5% dapat diketahui bahwa pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadaphasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif, hasil capaian ranah kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Untuk nilai kognitif eksperimen (61,4): kontrol (50,33).Berdasarkan rumus efektivitas pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional sebesar (2,71%) dan hasil belajar sebesar (3,1%) pada ranah kognitif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193050;
dc.subjectModel Pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning, Metode Eksperimen, erpikir Rasional, Hasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING (TEQ) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TANGGUL JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record