• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING (TEQ) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TANGGUL JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    ARIEK WULANDARI - 080210193050 (2)_1.pdf (1.522Mb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    ARIEK WULANDARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan sangat penting bagi setiap individu maupun suatu negara, karena masa depan suatu bangsa berada di tangan para penerus bangsa.Rendahnya mutu dan relevansi pendidikan dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Diantara faktor terpenting adalah mutu proses pembelajaran yang belum mampu menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas.Salah satu bagian penting dalam konstruktivisme ialah konstruksi pertanyaan-pertanyaan. Perumusan pertanyan-pertanyan merupakan salah satu bagian yang paling penting dan paling efektif dan efisien untuk mencapai pembelajaran yang konstruktivis, antara lain dengan penerapan model TEQ (Thinking Empowerment by Questioning). Dalam pembelajaran TEQ dikatakan bahwa pemikiran rasional dapat dikembangkan melalui aktivitas yang tepat semacam pengajuan pertanyaan. Kelebihan model TEQ dapat digunakan melatih peserta didik untuk mampu berpikir rasional, menggunakan logika, menganalisis fakta-fakta dan melahirkan ide-ide baru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir rasional siswa dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar biologi serta untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional dan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi kegiatan mengajar, dokumentasi, pengukuran kemampuan berpikir rasional, wawancara kepada guru mata pelajaran biologi dan tes hasil belajar kognitif siswa. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis Anova untuk uji homogenitas, analisis Anakova untuk data hasil belajar siswa dan data kemampuan berpikir rasional, rumus efektivitas untuk mengetahui hubunganpembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional dan hasil belajar biologi siswa. Pengaruh pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional siswa dianalisis menggunakan uji Anakova. Berdasarkan hasil uji Anakova dengan uji LSD menunjukkan bahwa perbedaan rerata untuk hasil kemampuan berpikir rasional antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan beda rerata (0,664)dan probabilitas sebesar (0,006). Hal ini berarti terdapat pengaruh antara model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadap hasil kemampuan berpikir rasional siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji Anakova dengan taraf signifikansi 5% dapat diketahui bahwa pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadaphasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif, hasil capaian ranah kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Untuk nilai kognitif eksperimen (61,4): kontrol (50,33).Berdasarkan rumus efektivitas pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan metode eksperimen terhadapkemampuan berpikir rasional sebesar (2,71%) dan hasil belajar sebesar (3,1%) pada ranah kognitif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9567
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository