Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Membeli Produk Sepatu Merek Converse Oleh Mahasiswa Universitas Jember
Author
Isnandar, Fiona Cynthia
Metadata
Show full item recordAbstract
Fashion merupakan suatu bagian dari kehidupan sehari-hari yang tidak
dapat dipisahkan dalam aspek penampilan. Sepatu merupakan salah satu produk
fashion, sehingga desain, bahan, dan warnanya pun menjadi semakin variatif dan
menjadi salah satu bahan pertimbangan konsumen ketika membeli sepatu.
Masyarakat Jember merupakan masyarakat yang turut mengikuti perkembangan
fashion, khususnya kalangan mahasiswa. Keseharian mahasiswa dipengaruhi oleh
beberapa hal, seperti kegiatan sehari-hari yang membutuhkan sepatu. Sepatu yang
pas sangat penting bagi mahasiswa karena mahasiswa membutuhkan sepatu yang
nyaman untuk memenuhi kebutuhan serta meningkatkan penampilan mereka.
Converse mencitrakan dirinya sebagai merek sepatu yang berkualitas dan bergaya
hidup, sehingga cocok untuk kalangan mahasiswa di zaman modern ini yang lebih
memikirkan trend dan fashion dalam berpenampilan.
Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
menguji pengaruh gaya hidup, citra merek dan kelompok acuan terhadap
keputusan membeli produk sepatu merek converse oleh Mahasiswa Universitas
Jember. Objek pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Jember yang
menggunakan sepatu merek converse. Seluruh variabel pada penelitian ini
berjumlah 4 variabel, Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis faktor (confirmatory factor analysis).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup dan citra merek
berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli produk sepatu merek
converse oleh mahasiswa Universitas Jember. Sedangkan hasil penelitian pada
variabel kelompok acuan menunjukkan bahwa kelompok acuan tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan membeli produk sepatu merek converse oleh
mahasiswa Universitas Jember.