dc.description.abstract | Wisata religi makam Gus Dur terbukti mampu mendatangkan banyak
pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. setelah wafat, kharisma Gus Dur
melebihi realitas kehidupannya. Kharisma spiritual yang eksotis, begitu lekat dan
fenomenal. Setiap hari wisata religi makam Gus Dur dipadati ribuan pengunjung dari
berbagai daerah. Kesadaran masyarakat atas brand Gus Dur sebagai tokoh yang
plural dan religius mampu menarik wisatawan untuk berkunjung, berziarah atau
hanya sekedar berwisata.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh variabel spiritual
branding dan brand awareness terhadap keputusan berkunjung. Penelitian ini
bertempat di kawasan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Waktu penelitian
selama 25 hari, menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research)
dengan pendekatan kuantitatif. Semua wisatawan yang berkunjung di wisata religi
makam Gus Dur yang berziarah atau hanya berwisata diambil sebagai Populasi.
Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobabily sampling. Sedangkan
penentuan pengambilan jumlah responden (sampel) dilakukan melalui teknik
conveniance sampling. Responden diambil sebanyak 91 orang wisatawan. Data
primer diperoleh langsung dari responden melalui penyebaran kuesioner dan
wawancara. Analisis regresi linier berganda digunakan seagai analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Spiritual branding yang terdiri atas
body, mind, soul, spirit berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung
wisatawan di wisata religi makam Gus Dur. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin
baik spiritual branding seorang tokoh atau pemimpin yang dikenal, maka akan
meningkatkan kunjungan wisatawan tentu akan mempengaruhi keputusan berkunjung
di wisata religi makam Gus Dur. Terbukti adanya pengaruh signifikan spiritual
branding terhadap keputusan berkunjung. Brand awareness yang terbentuk dari
unaware of brand, brand recognition, brand recall, top of mind berpengaruh
signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan diwisata religi makam Gus Dur.
Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi brand awareness yang dimiliki
pengunjung, maka akan meningkatkan kunjungan yang kemudian dipertimbangkan
sebagai alternative keputusan berkunjung. terbukti dengan adanya pengaruh
signifikan brand awareness terhadap keputusan berkunjung. | en_US |