PENGARUH SPIRITUAL BRANDING AWARENESS BERKUNJUNG WISATAWAN DI THE INFLUENCE OF SPIRITUAL ON THE TOURISTS VISITING DECISIONS IN THE RELIGIOUS TOURISM UNIVERSITAS JEMBER FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS i DAN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN WISATA RELIG MAKAM GUS DUR BRANDING AND BRAND AWARENESS OF GUS DUR’S GRAVE
Author
Abidin, Zainul
Metadata
Show full item recordAbstract
Wisata religi makam Gus Dur terbukti mampu mendatangkan banyak
pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. setelah wafat, kharisma Gus Dur
melebihi realitas kehidupannya. Kharisma spiritual yang eksotis, begitu lekat dan
fenomenal. Setiap hari wisata religi makam Gus Dur dipadati ribuan pengunjung dari
berbagai daerah. Kesadaran masyarakat atas brand Gus Dur sebagai tokoh yang
plural dan religius mampu menarik wisatawan untuk berkunjung, berziarah atau
hanya sekedar berwisata.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh variabel spiritual
branding dan brand awareness terhadap keputusan berkunjung. Penelitian ini
bertempat di kawasan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Waktu penelitian
selama 25 hari, menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research)
dengan pendekatan kuantitatif. Semua wisatawan yang berkunjung di wisata religi
makam Gus Dur yang berziarah atau hanya berwisata diambil sebagai Populasi.
Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobabily sampling. Sedangkan
penentuan pengambilan jumlah responden (sampel) dilakukan melalui teknik
conveniance sampling. Responden diambil sebanyak 91 orang wisatawan. Data
primer diperoleh langsung dari responden melalui penyebaran kuesioner dan
wawancara. Analisis regresi linier berganda digunakan seagai analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Spiritual branding yang terdiri atas
body, mind, soul, spirit berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung
wisatawan di wisata religi makam Gus Dur. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin
baik spiritual branding seorang tokoh atau pemimpin yang dikenal, maka akan
meningkatkan kunjungan wisatawan tentu akan mempengaruhi keputusan berkunjung
di wisata religi makam Gus Dur. Terbukti adanya pengaruh signifikan spiritual
branding terhadap keputusan berkunjung. Brand awareness yang terbentuk dari
unaware of brand, brand recognition, brand recall, top of mind berpengaruh
signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan diwisata religi makam Gus Dur.
Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi brand awareness yang dimiliki
pengunjung, maka akan meningkatkan kunjungan yang kemudian dipertimbangkan
sebagai alternative keputusan berkunjung. terbukti dengan adanya pengaruh
signifikan brand awareness terhadap keputusan berkunjung.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Female Bag Sophie Martin Paris di Kota Jember ( The Effect Of Brand Image and Brand Trust on Brand Loyalty in Consumer Female Bag Sophie Martin Paris in the City of Jember)
Ermawati, Lusy (UNEJ PRESS, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty pada konsumen female bag Sophie Martin Paris di Kota Jember. Rancangan penelitian yang digunakan dalam ... -
PENGARUH BRAND LOVE DAN BRAND PERSONALITY SERTA BRAND IMAGE TERHADAP WORD OF MOUTH FASHION SOPHIE PARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JEMBER The Influence Of Brand Love And Brand Personality As Well As The Brand Image On Word Of Mouth Fashion Sophie Paris In Student The Economics And Bussiness Faculty Of Universitas Jember
WAHYUNINGTYAS, IDA (UNEJ_PRESS, 2016)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Band Love dan Brand Personality serta Brand Image terhadap Word of Mouth fashion Sophie Paris pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. ... -
PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE BATIK MAREM LUMAJANG BATIK MAREM LUMAJANG BATIK MAREM LUMAJANG
Mochammad Syuhada Irhamsyah Mochammad Syuhada Irhamsyah Mochammad Syuhada Irhamsyah (2013-12-25)Industri batik saat ini menjadi industri primadona dalam dunia Industri Kecil Menengah di Jawa Timur. Ada beberapa industri batik khas Kabupaten Lumajang, salah satunya adalah Industri Batik Marem Lumajang. Perkembanga ...