PENGARUH IKLAN DI TELEVISI TERHADAP KESADARAN MEREK DAN KEPUTUSAN MEBELI TEH SARIWANGI OLEH IBU RUMAH TANGGA DI KOTA JEMBER
Author
STYAWAN, HARLY
Metadata
Show full item recordAbstract
Persaingan industri teh di indonesia semakin ketat hal ini disebabkan oleh
banyaknya perusahaan sejenis yang muncul di indonesia. Para produsen pun
berlomba-lomba melekukan promosi produknya kepada masyarakat melalui iklan
di televisi, hal ini pula yang di lakukan oleh produsen teh celup sariwangi yang
melakukan iklan promos undian berhadiah sariwangi liburan ke bali yang di siarkan
di televisi. promosi di lakukan oleh teh sariwangi untuk menarik konsumen dan juga
untuk meningkatkan kesadaran merek teh sariwangi pada konsumen.
Berdasarkan hal tersebut variabel independen yang digunakan dalam
penelitian yaitu iklan. Kesadran merek dalam penelitian ini sebagai variabel
intervening dan keputusan membeli sebagai variabel dependen. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh iklan terhadap kesadran merek
dan keputusan membeli teh sariwangi oleh ibu rumah tangga di Kota Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research, yaitu penelitian yang
menjelaskan hubungan antar variabel. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah konsumen
teh sariwangi di Kota Jember sejumlah 110 responden. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis SEM (Struqtural Equation Model) dengan pendekatan
konfirmatori dan metode penelitian kuantitatif ini menggunakan program AMOS.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa variabel iklan berpengaruh
signifikan terhadap kesadran merek. Iklan juga memberikan pengaruh signifikan
terhadap keputusan Membeli. Dan kesadran merek memberikan pengaruh
signifikan terhadap keputusan mebeli. dengan demikian dapat di simpulkan bahwa
iklan yang di tayangkan oleh sariwangi di televisi berhasil memberikan kesadaran
merek dan memberikan dampak terhadap keputusan membeli teh sariwangi oleh
ibu rumah tangga di kota jember.