ANALISIS ANTESEDEN GREEN BRAND EQUITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY AIR MINUM ADES BAGI MAHASISWA PROGRAM S1 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JEMBER
Author
Abrianto, Dimas Andi
Metadata
Show full item recordAbstract
Dunia bisnis di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat
pesat. Perusahaan saat ini tidak hanya berusaha mencari pembeli tetapi mereka
berusaha agar pembeli (consumer) dapat ditingkatkan menjadi pelanggan
(customer) yang selanjutnya diusahakan menjadi konsumen tetap (client).
Lingkungan pemasaran saat ini mengalami perubahan ke produk yang ramah
lingkungan. Kondisi ini dikarenakan sebagai kepedulian manusa terhadap kondisi
bumi agar tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis
anteseden pengaruh green brand equity terhadap customer loyalty.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelasan (explanatory
research), karena penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan hubungan kausal
(sebab-akibat) antar variabel melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di
Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. sampel ditentukan dengan total
indikator dikalikan 5 parameter untuk pengambilan sampel n = 5 × 21 = 105,
sementara pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling. Data
dikumpulkan menggunakan kuesioner, sementara analisis data yang digunakan
adalah menggunakan Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green brand trust (X1)
berpengaruh secara signifikan terhadap green brand equity (Y1) green satisfaction
(X2) berpengaruh secara signifikan terhadap green brand equity (Y1) green brand
image berpengaruh signifikan terhadap green brand equity (Y1) green brand
equity (Y1) berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty (Y2). Tiga variabel
yaitu green brand trust, green satisfaction, dan green brand image memerlukan
variabel green brand equity sebagai intervening agar berpengaruh terhadap
customer loyalty.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tidak langsung green
brand trust, green satisfaction, dan green brand image melalui green brand
equity terhadap customer loyalty pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Ekonomi
Dan Bisnis Universitas Jember.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN BRAND, DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI AIR MINUM KEMASAN BOTOL MEREK AQUA DI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Lestari, Reni Dwi (2015-12-04)Green product, green brand, dan green advertising mempunyai peranan yang penting dalam membentuk suatu lingkungan bisnis yang bersahabat dengan lingkungan sekitarnya dan menjadi suatu strategi baru dalam pemasaran ... -
Pengaruh Green Product, Green Brand, Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Membeli Air Minum Kemasan Botol Merek AQUA Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
DWI LESTARI, RENI (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh green product, green brand dan green advertising baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan membeli air minum kemasan botol merek AQUA di Kecamatan ... -
PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU LED PHILIPS DI JEMBER
Pamungkas, Gurit Indah (2015-12-03)Pengaruh green product dan green advertising terhadap keputusan pembelian lampu LED Philips di Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis probabilitas terjadinya keputusan konsumen untuk membeli ...