PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU LED PHILIPS DI JEMBER
Abstract
Pengaruh green product dan green advertising terhadap keputusan
pembelian lampu LED Philips di Jember. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis probabilitas terjadinya keputusan konsumen untuk
membeli lampu LED Philips di Jember yang dipengaruhi oleh green product dan
green advertising.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatori.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Jember yang belum memutuskan
pembelian dan yang sudah memutuskan pembelian lampu LED Philips.
Pengambilan populasi tidak mengalami hambatan, terdapat 70 responden dan
penelitian yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yaitu
penentuan anggota sampel berdasarkan pertimbangan tertentu yang dipandang
dapat memberikan data secara maksimal. Data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil
wawancara dengan menggunakan kuesioner sedangkan data sekunder diperoleh
dari artikel jurnal dan artikel dari internet. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi logistik.
Berdasarkan pemaparan hasil dan pengamatan, maka dapat disimpulkan
bahwa variabel green product tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian
lampu LED Philips di Jember dan variabel green advertising ada yang
berpengaruh dan ada variabel green advertising yang tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian lampu LED Philips di Jember