PEMILIHAN ATERNATIF STRATEGI PEMASARAN PADA PT. SINARMAS DISTRIBUTOR NUSANTARA CABANG JEMBER
Author
PUTRA, Aris Kusuma
Metadata
Show full item recordAbstract
Perubahan lingkungan baik intern maupun esktern diperlukan manajemen
strategi, dimana manajemen strategi merupakan proses untuk mencapai tujuan
perusahaan yang mengarah pada perkembangan strategi. Upaya untuk menjaga
kelangsungan perusahaan, maka perusahaan diharapkan mengetahui hal-hal yang
menjadikekuatan (Strenght), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity),
danancaman (Threats) atauseringdisebutdengan S.W.O.T (Strength, Weakness,
Opportunity, Threats). Sehingga kondisi perusahaan baik Internal maupun
Eksternal dapat ditingkatkan kualitasnya dan perusahaanakan dapat berkompetisi
dengan para kompetitornya dan meningkatkan volume penjualan. Dengan
mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, maka perusahaan akan
dapat mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan jangka
pendek maupun jangka panjang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif
digunakan untuk mengungkapkan hasil-hasil penelitian secara verbal, sistematis,
faktual, dan akuratJumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 107 outlet dengan
menggunakan teknik Stratified Proportional Probability Sampling. Metodeanalisis data
menggunakananalisisS.W.O.T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi S-O
(Strenght-Opportunity) dapat meningkatkan pangsa pasar, Strategi S-T (Strenght-
Threat) meningktakan kualitas pelayanan, Strategi W-O (Weaknes-Opportunity)
melakukan promosi yang efektif dan tepatsasaran, Strategi W-T (Weaknes-Threat)
mengembangkan kualita ssumberdaya manusia terhadap perusahaan PT. Sinarmas
Distributor Nusantara.