• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pemasaran Pada Usaha Dagang (UD) Jaya Amelia di Kabupaten Jombang

    Thumbnail
    View/Open
    Isma Noradiba-140910202040_.pdf (854.1Kb)
    Date
    2018-07
    Author
    NORADIBA, Isma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Strategi pemasaran (bauran pemasaran) yang telah dikenal 4P, yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi tersebut mempunyai peranan yang sangat penting untuk mensukseskan program pemasaran dari suatu unit usaha. Dengan melakukan perencanaan terhadap empat elemen bauran pemasaran tersebut, diharapkan perusahaan dapat merumuskan usaha-usaha yang akan dilakukan di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan usahanya. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini ditentukan dengan sengaja (purposive), yang dilakukan di UD. Jaya Amelia, Jalan Teuku Umar No. 67 RT 004/ RW 002 Desa Pulolor, Kecamatan Jombang. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. Jaya Amelia juga menggunakan bauran pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat, Promosi) dan menambahkan strategi jaringan (connect) dalam pemasaran produknya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetehui penerapan strategi pemasaran pada Usaha Dagang (UD) Jaya Amelia di Kabupaten Jombang. Pada awal usaha UD. Jaya Amelia menawarkan produk secara door to door dan secara langsung (mouth of mouth) pada pembeli, sampai pada akhirnya UD. Jaya Amelia mulai menerapkan strategi tempat (place) berupa toko fisik, hal ini dilakukan agar calon pembeli mendapatkan kemudahan akses dan kepercayaan dari calon pembeli yang akan melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Harga merupakan bagian penting dalam penjualan sebuah produk. Oleh sabab itu, produk yang diperdagangkan oleh UD. Jaya Amelia harus dipertimbangkan dengan jeli untuk penetapan harganya, karena setiap unit harus menetapkan harga jual yang tepat untuk setiap produknya demi meraih sukses dalam usahanya. Jaringan (connect) merupakan bagian penting untuk mendapatkan pelanggan (pembeli tetap) dan merupakan bagian dari strategi pemasaran UD. Jaya Amelia. Pengambilan sampel atau sumber data pada penelitian ini dilakukan secara puposive dan untuk ukuran sampel tersebut ditentukan secara snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisa data bersifat kualitatif dan hasil penelitian menekankan makna generalisasi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan kepada objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan taksonomi. Analisis domain adalah analisis yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran objek penelitian secara umum atau ditingkat permukaan, namun relatif utuh tentang objek penelitian tersebut. Sedangkan analisis taksonomi adalah analisis yang terfokus pada domain-domain tertentu, kemudian memilih domain tersebut menjadi sub-sub domain serta bagian-bagian yang lebih khusus dan terperinci yang umumnya merupakan rumpun yang memiliki kesamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UD. Jaya Amelia melakukan penerapan strategi pemasaran yang dilakukan meliputi, penggunaan toko fisik dan marketplace sebagai sarana transaksi penjualan produk, mengetahui selera pasar melalui review dari pembeli, menawarkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, jalin hubungan baik dengan pembeli dan mitra (connect), meperluas pangsa pasar dengan penerapan metode jaringan (connect), dan menghubungkan bauran pemasaran (4P) dengan strategi pemasaran yang digunakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94505
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5630]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository