Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUDI, Edy
dc.contributor.advisorISWONO, Sugeng
dc.contributor.authorNORADIBA, Isma
dc.date.accessioned2019-11-21T02:49:01Z
dc.date.available2019-11-21T02:49:01Z
dc.date.issued2018-07
dc.identifier.nimNIM140910202040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94505
dc.description.abstractStrategi pemasaran (bauran pemasaran) yang telah dikenal 4P, yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi tersebut mempunyai peranan yang sangat penting untuk mensukseskan program pemasaran dari suatu unit usaha. Dengan melakukan perencanaan terhadap empat elemen bauran pemasaran tersebut, diharapkan perusahaan dapat merumuskan usaha-usaha yang akan dilakukan di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan usahanya. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini ditentukan dengan sengaja (purposive), yang dilakukan di UD. Jaya Amelia, Jalan Teuku Umar No. 67 RT 004/ RW 002 Desa Pulolor, Kecamatan Jombang. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. Jaya Amelia juga menggunakan bauran pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat, Promosi) dan menambahkan strategi jaringan (connect) dalam pemasaran produknya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetehui penerapan strategi pemasaran pada Usaha Dagang (UD) Jaya Amelia di Kabupaten Jombang. Pada awal usaha UD. Jaya Amelia menawarkan produk secara door to door dan secara langsung (mouth of mouth) pada pembeli, sampai pada akhirnya UD. Jaya Amelia mulai menerapkan strategi tempat (place) berupa toko fisik, hal ini dilakukan agar calon pembeli mendapatkan kemudahan akses dan kepercayaan dari calon pembeli yang akan melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Harga merupakan bagian penting dalam penjualan sebuah produk. Oleh sabab itu, produk yang diperdagangkan oleh UD. Jaya Amelia harus dipertimbangkan dengan jeli untuk penetapan harganya, karena setiap unit harus menetapkan harga jual yang tepat untuk setiap produknya demi meraih sukses dalam usahanya. Jaringan (connect) merupakan bagian penting untuk mendapatkan pelanggan (pembeli tetap) dan merupakan bagian dari strategi pemasaran UD. Jaya Amelia. Pengambilan sampel atau sumber data pada penelitian ini dilakukan secara puposive dan untuk ukuran sampel tersebut ditentukan secara snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisa data bersifat kualitatif dan hasil penelitian menekankan makna generalisasi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan kepada objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan taksonomi. Analisis domain adalah analisis yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran objek penelitian secara umum atau ditingkat permukaan, namun relatif utuh tentang objek penelitian tersebut. Sedangkan analisis taksonomi adalah analisis yang terfokus pada domain-domain tertentu, kemudian memilih domain tersebut menjadi sub-sub domain serta bagian-bagian yang lebih khusus dan terperinci yang umumnya merupakan rumpun yang memiliki kesamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UD. Jaya Amelia melakukan penerapan strategi pemasaran yang dilakukan meliputi, penggunaan toko fisik dan marketplace sebagai sarana transaksi penjualan produk, mengetahui selera pasar melalui review dari pembeli, menawarkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, jalin hubungan baik dengan pembeli dan mitra (connect), meperluas pangsa pasar dengan penerapan metode jaringan (connect), dan menghubungkan bauran pemasaran (4P) dengan strategi pemasaran yang digunakan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries140910202040;
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.subjectUsaha Dagang (UD)en_US
dc.titleStrategi Pemasaran Pada Usaha Dagang (UD) Jaya Amelia di Kabupaten Jombangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record