Strategi Pemasaran Pada Usaha Dagang (UD) Jaya Amelia di Kabupaten Jombang
Abstract
Strategi pemasaran (bauran pemasaran) yang telah dikenal 4P, yang terdiri
dari produk, harga, tempat, promosi tersebut mempunyai peranan yang sangat
penting untuk mensukseskan program pemasaran dari suatu unit usaha. Dengan
melakukan perencanaan terhadap empat elemen bauran pemasaran tersebut,
diharapkan perusahaan dapat merumuskan usaha-usaha yang akan dilakukan di
masa yang akan datang untuk mencapai tujuan usahanya. Lokasi yang diambil
dalam penelitian ini ditentukan dengan sengaja (purposive), yang dilakukan di
UD. Jaya Amelia, Jalan Teuku Umar No. 67 RT 004/ RW 002 Desa Pulolor,
Kecamatan Jombang. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. Jaya Amelia
juga menggunakan bauran pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat, Promosi) dan
menambahkan strategi jaringan (connect) dalam pemasaran produknya. Penelitian
ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetehui penerapan strategi pemasaran pada Usaha
Dagang (UD) Jaya Amelia di Kabupaten Jombang.
Pada awal usaha UD. Jaya Amelia menawarkan produk secara door to
door dan secara langsung (mouth of mouth) pada pembeli, sampai pada akhirnya
UD. Jaya Amelia mulai menerapkan strategi tempat (place) berupa toko fisik, hal
ini dilakukan agar calon pembeli mendapatkan kemudahan akses dan kepercayaan
dari calon pembeli yang akan melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Harga
merupakan bagian penting dalam penjualan sebuah produk. Oleh sabab itu,
produk yang diperdagangkan oleh UD. Jaya Amelia harus dipertimbangkan
dengan jeli untuk penetapan harganya, karena setiap unit harus menetapkan harga
jual yang tepat untuk setiap produknya demi meraih sukses dalam usahanya.
Jaringan (connect) merupakan bagian penting untuk mendapatkan pelanggan
(pembeli tetap) dan merupakan bagian dari strategi pemasaran UD. Jaya Amelia.
Pengambilan sampel atau sumber data pada penelitian ini dilakukan secara
puposive dan untuk ukuran sampel tersebut ditentukan secara snowball, teknik
pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisa data bersifat kualitatif dan
hasil penelitian menekankan makna generalisasi. Teknik pengumpulan data
dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan kepada objek
penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis domain dan taksonomi. Analisis domain adalah analisis yang digunakan
untuk menganalisis gambaran-gambaran objek penelitian secara umum atau
ditingkat permukaan, namun relatif utuh tentang objek penelitian tersebut.
Sedangkan analisis taksonomi adalah analisis yang terfokus pada domain-domain
tertentu, kemudian memilih domain tersebut menjadi sub-sub domain serta
bagian-bagian yang lebih khusus dan terperinci yang umumnya merupakan
rumpun yang memiliki kesamaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UD. Jaya Amelia melakukan
penerapan strategi pemasaran yang dilakukan meliputi, penggunaan toko fisik dan
marketplace sebagai sarana transaksi penjualan produk, mengetahui selera pasar
melalui review dari pembeli, menawarkan produk yang berkualitas dengan harga
yang terjangkau, jalin hubungan baik dengan pembeli dan mitra (connect),
meperluas pangsa pasar dengan penerapan metode jaringan (connect), dan
menghubungkan bauran pemasaran (4P) dengan strategi pemasaran yang
digunakan.