• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Sistem Informasi Penentu Loyalitas Calon Pengguna Jasa Asuransi Kesehatan Menggunakan Algoritma C5.0 (Studi Kasus PT Prudential Life Assurance Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Fiska Noermardiningrum Agustin-142410101028_.pdf (4.980Mb)
    Date
    2018-07
    Author
    AGUSTIN, Fiska Noermardiningrum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Terbukanya persaingan dengan perusahaan sejenis membuat perusahaan asuransi harus memiliki manajemen strategi khusus untuk mendapatkan maupun mempertahankan pengguna asuransi di perusahaannya agar tidak berpindah ke perusahaan kompetitor. Strategi yang bisa digunakan untuk mempertahankan pengguna jasa asuransi adalah dengan cara memprediksi loyalitas pengguna jasa asuransi (Ratna, 2011). Melihat permasalahan tersebut maka dibangunlah sistem informasi penentu loyalitas calon pengguna jasa asuransi yang bertujuan untuk membantu PT. Prudential Life Assurance Jember dalam memprediksi loyalitas calon penggunanya berdasarkan data pribadi pada saat pendaftaran. Sistem informasi ini digunakan sebagai alat bantu bagi administrator untuk menentukan loyalitas calon pengguna yang mendaftar pada perusahaan terkait. Implementasi metode C5.0 ini terletak pada Data Prediksi Calon Pengguna yang dikelola oleh admin. Data Prediksi Terletak pada Data Prediksi Pengguna yang terletak pada fitur Melihat Hasil Prediksi Data Pengguna. Fitur tersebut digunakan untuk memprediksi loyalitas calon pengguna menggunakan rule dari Algoritma C5.0. Rule atau aturan yang dihasilkan berasal dari perhitungan Algoritma C5.0. Perhitungan Algoritma C5.0 berdasarkan pada data pengguna yang pernah dilakukan sebelumnya selama 3 bulan, yaitu pada bulan Februari, Maret dan April 2018. Sebelum melakukan perhitungan ini, maka data pengguna pada bulan tersebut akan menjadi data set. Selain itu pengujian terhadap algoritma yang digunakan menghasilkan Penguian metode menggunakan uji Confussion Matrix menghasilkan nilai Pression = 88.88%, Recall = 88.88% dan accuracy = 86.66 %.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94494
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1051]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository