Sistem Informasi Penentu Loyalitas Calon Pengguna Jasa Asuransi Kesehatan Menggunakan Algoritma C5.0 (Studi Kasus PT Prudential Life Assurance Jember)
Abstract
Terbukanya persaingan dengan perusahaan sejenis membuat perusahaan
asuransi harus memiliki manajemen strategi khusus untuk mendapatkan maupun
mempertahankan pengguna asuransi di perusahaannya agar tidak berpindah ke
perusahaan kompetitor. Strategi yang bisa digunakan untuk mempertahankan pengguna
jasa asuransi adalah dengan cara memprediksi loyalitas pengguna jasa asuransi (Ratna,
2011). Melihat permasalahan tersebut maka dibangunlah sistem informasi penentu
loyalitas calon pengguna jasa asuransi yang bertujuan untuk membantu PT. Prudential
Life Assurance Jember dalam memprediksi loyalitas calon penggunanya berdasarkan
data pribadi pada saat pendaftaran. Sistem informasi ini digunakan sebagai alat bantu
bagi administrator untuk menentukan loyalitas calon pengguna yang mendaftar pada
perusahaan terkait.
Implementasi metode C5.0 ini terletak pada Data Prediksi Calon Pengguna
yang dikelola oleh admin. Data Prediksi Terletak pada Data Prediksi Pengguna yang
terletak pada fitur Melihat Hasil Prediksi Data Pengguna. Fitur tersebut digunakan
untuk memprediksi loyalitas calon pengguna menggunakan rule dari Algoritma C5.0.
Rule atau aturan yang dihasilkan berasal dari perhitungan Algoritma C5.0. Perhitungan
Algoritma C5.0 berdasarkan pada data pengguna yang pernah dilakukan sebelumnya
selama 3 bulan, yaitu pada bulan Februari, Maret dan April 2018. Sebelum melakukan
perhitungan ini, maka data pengguna pada bulan tersebut akan menjadi data set. Selain
itu pengujian terhadap algoritma yang digunakan menghasilkan Penguian metode
menggunakan uji Confussion Matrix menghasilkan nilai Pression = 88.88%, Recall =
88.88% dan accuracy = 86.66 %.