PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI SDN PANGKEMIRI II SIDOARJO
Abstract
Pembelajaran pendidikan IPS bukan hanya bersifat teoritis, tetapi juga
praktis. Kajian IPS meliputi materi ilmu-ilmu sosial yang berhubungan dengan
masyarakat, gejala, masalah, dan peristiwa tentang kehidupan bersosial.
Pembelajaran IPS diharapkan berguna dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan
mencari alternatife pemecahan masalah-masalah sosial dalam masyarakat. Untuk
itu diperlukannya metode yang tepat. Kenyataannya berdasarkan hasil observasi
awal dan wawancara yang dilakukan peneliti, guru masih menggunakan metode
pembelajaran konvensional seperti di SDN Pangkemiri II Sidoarjo. Akibatnya,
motivasi belajar dan hasil belajar siswa rendah.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan metode pembelajaran role playing. Masalah yang dirumuskan dalam
penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa
kelas IV pokok bahasan masalah sosial di SDN Pangkemiri II Sidoarjo melalui
penerapan metode pembelajaran role playing. Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pokok
bahasan masalah sosial di SDN Pangkemiri II Sidoarjo melalui penerapan metode
pembelajaran role playing.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pangkemiri II
Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran
2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pangkemiri II Sidoarjo di Desa
Kendal, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini, hasil observasi
motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Peneliti menetapkan
target pencapaian untuk motivasi belajar siswa secara klasikal dengan kriteria
sangat tinggi, sedangkan untuk hasil belajar siswa harus mencapai kriteria
ketuntasan minimal atau/70%.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan motivasi belajar
siswa yang semula pada pra siklus sebesar 36,9%, meningkat menjadi 69,2% pada
siklus 1, dan pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 81,2%. Hasil belajar siswa
pada pra siklus sebesar 18,7%, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi
68,8%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 87,5%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran
role playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pokok
bahasan masalah sosial di SDN Pangkemiri II Sidoarjo. Saran untuk SD Negeri
Pangkemiri II Sidoarjo dan guru kelas IV yaitu sebaiknya pembelajaran IPS harus
sesuai dengan RPP yang telah dibuat sendiri dengan menerapkan metode
pembelajaran yang tepat sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa. Saran
untuk peneliti yang lain, jika melaksanakan PTK, harap dilakukan dengan benarbenar
mengamati segala indikator motivasi belajar yang ditunjukkan oleh siswa
sesuai dengan pedoman yang telah dibuat.