• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI SDN PANGKEMIRI II SIDOARJO

    Thumbnail
    View/Open
    Ony Dina Maharani - 090210204032_1.pdf (67.22Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Dina Maharani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran pendidikan IPS bukan hanya bersifat teoritis, tetapi juga praktis. Kajian IPS meliputi materi ilmu-ilmu sosial yang berhubungan dengan masyarakat, gejala, masalah, dan peristiwa tentang kehidupan bersosial. Pembelajaran IPS diharapkan berguna dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari alternatife pemecahan masalah-masalah sosial dalam masyarakat. Untuk itu diperlukannya metode yang tepat. Kenyataannya berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional seperti di SDN Pangkemiri II Sidoarjo. Akibatnya, motivasi belajar dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran role playing. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan masalah sosial di SDN Pangkemiri II Sidoarjo melalui penerapan metode pembelajaran role playing. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan masalah sosial di SDN Pangkemiri II Sidoarjo melalui penerapan metode pembelajaran role playing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pangkemiri II Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pangkemiri II Sidoarjo di Desa Kendal, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini, hasil observasi motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Peneliti menetapkan target pencapaian untuk motivasi belajar siswa secara klasikal dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan untuk hasil belajar siswa harus mencapai kriteria ketuntasan minimal atau/70%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan motivasi belajar siswa yang semula pada pra siklus sebesar 36,9%, meningkat menjadi 69,2% pada siklus 1, dan pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 81,2%. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 18,7%, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 68,8%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 87,5%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan masalah sosial di SDN Pangkemiri II Sidoarjo. Saran untuk SD Negeri Pangkemiri II Sidoarjo dan guru kelas IV yaitu sebaiknya pembelajaran IPS harus sesuai dengan RPP yang telah dibuat sendiri dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa. Saran untuk peneliti yang lain, jika melaksanakan PTK, harap dilakukan dengan benarbenar mengamati segala indikator motivasi belajar yang ditunjukkan oleh siswa sesuai dengan pedoman yang telah dibuat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9295
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository