• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tema Kebersamaan Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas II SDN Sumbersari 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Bela Kusumaning Ayudawati - 150210204139_.pdf (3.367Mb)
    Date
    2019-09-24
    Author
    AYUDAWATI, Bela Kusumaning
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan R&D yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; dan (10) desiminasi dan implementasi. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap ke 8 karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas yang dilakukan kepada 3 validator untuk memperoleh nilai kelayakan LKPD, uji tes hasil belajar untuk memperoleh tingkat efektivitas LKPD dan respon siswa. Hasil dari penelitian ini adalah LKPD berbasis permainan tradisional ini telah melalui tahap validasi yang dilakukan oleh 2 validator ahli yakni dosen FKIP Universitas Jember dan 1 validator pengguna yakni guru kelas II SDN Sumbersari 03 Jember. Validasi yang dilakukan meliputi validasi isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh presentase validasi sebesar 84%. Secara keseluruhan LKPD berbasis permainan tradisional ini telah dikategorikan layak dan dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran. Efektivitas LKPD berbasis permainan tradisional ini diukur melalui hasil belajar ranah kognitif siswa. Hasil belajar ranah kognitif siswa sebesar 92% untuk minimal nilai sama dengan KKM yakni 65 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian efektivitas LKPD berbasis permainan tradisional ini dapat dikategorikan sangat efektif. LKPD berbasis permainan tradisional ini mendapatkan respon positif dari siswa dengan presentase respon positif yang diperoleh mencapai 96,6% pada uji coba lapangan awal dan 88,6% pada uji coba lapangan utama atau dalam kategori respon sangat tertarik. Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis permianan tradisional merupakan LKPD yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92944
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository